Kuliah Jurusan Hukum? Ini Tips Suksesnya!

Kuliah jurusan Hukum

Jurusan Hukum memang selalu jadi salah satu pilihan utama buat kuliah. Sejak generasi orangtua kita dulu, jurusan ini sering diperebutkan. Kenapa ya? Mungkin karena lapangan kerja yang begitu luas. Bisa jadi, karena anggapan bahwa status sosial mereka yang bergerak di bidang ini lebih tinggi dari profesi lain. Nah, pernah nggak sih kamu bertanya ke mereka yang berprofesi di bidang Hukum tentang pekerjaannya?

Sebelum tahu seluk beluk pekerjaan di bidang ilmu Hukum, ada baiknya kamu mempelajari dulu apa yang akan kamu dapatkan ketika memutuskan kuliah di jurusan Hukum.

Pertama, kamu akan dapat materi dasar mengenai ilmu Hukum di Indonesia dan dunia. Kedua, kamu akan secara detil mempelajari Hukum sebagai instrumen dalam menjalankan pemerintahan negara. Kalau kamu sudah tahu itu semua, yuk cermati beberapa tips sukses berikut supaya kamu bisa sukses kuliah di jurusan Hukum.

Tahu apa yang dipelajari dan persiapkan materi kuliah

Kalau kamu sudah tahu bahwa materi seputar ilmu Hukum ini akan menjadi makanan kamu sehari-hari, kamu pasti bisa mempersiapkan dengan baik materi perkuliahan yang akan dibahas setiap hari. Nah, kebiasaan baik mempersiapkan materi kuliah ini akan menjadi keuntungan buat kamu yang serius kuliah karena kamu sudah lebih dulu memulai. Otomatis, kamu sudah 1-2 tahap lebih maju ketika hadir di kelas. Hal ini akan sangat baik jika menjadi kebiasaan.

Baca juga: Jurusan Hukum Dengan Metode Blended Learning

Absensi

Kalau kamu kuliah tapi jarang masuk kelas, berarti kamu mengurangi nilai yang kamu dapatkan. Absensi selalu berkaitan dengan nilai akhir lho! Jangan lupa bahwa kedisiplinan adalah satu bagian penting dari penilaian terhadap kamu.

Khusus jurusan Hukum, disiplin diri juga menjadi penilaian penting dalam karier. Janganlah membolos kalau tidak benar-benar terpaksa.

Mengerjakan tugas kuliah dengan maksimal

Selain absensi, bagian penting dalam setiap perkuliahan adalah tugas-tugas yang diberikan. Sebisa mungkin kamu sebaiknya menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Kalau kamu tidak menyelesaikan tugas, berarti tanggung jawab kamu terabaikan lho.

Di luar urusan materi kuliah dan teknis-teknis lainnya, mengerjakan tugas adalah tolak ukur penilaian yang tak kalah pentingnya. Selain dikerjakan dengan baik, kamu juga harus menyelesaikan tugas-tugas kuliah tepat waktunya.

Baca juga: Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Hukum Nantinya

Berpikir kritis

Kebiasaan baik lainnya yang sangat penting adalah berpikir kritis. Kalau kamu kuliah, apalagi di jurusan Hukum, kebiasaan berpikir kritis akan membuat kamu sangat terbantu dalam menyelesaikan semua beban tugas ataupun praktik di dunia kerja. Bayangkan saja ketika kamu sedang di tengah persiapan menyelidiki kasus pelanggaran di antara perusahaan. Kalau kamu tidak berpikir kritis, kamu akan melewatkan berbagai macam fakta dan data yang penting.

Jurusan Hukum kuliah metode blended learning

Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, kamu bisa kuliah Hukum dengan metode blended learning lho! Kalau nggak percaya, cek sendiri deh website Pintaria. Bekerjasama dengan kampus Universitas Al-Azhar Indonesia di Jakarta, Pintaria memberi kemudahan buat kamu yang sibuk kerja untuk tetap bisa kuliah di jurusan Hukum. Nah, dengan gadget dan jaringan internet yang stabil, gelar S1 Hukum sudah di depan mata lho!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.