7 Tips Simpel Ini Bisa Bantu Kamu Bekerja dengan Bahagia

Bekerja Dengan Bahagia
Source: Pexels

Kebahagiaan tidak hanya berlaku dalam kehidupan sehari-hari saja. Rasa bahagia pun perlu ada ketika berada di kantor. Sebab kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar waktunya di sana. Sehingga ada baiknya memilih kerja yang bisa memberi rasa bahagia.

Meski begitu banyak orang yang mengeluh akan pekerjaannya. Mereka merasa tidak bahagia di tempat kerja. Padahal jika rasa tidak bahagia muncul dan menumpuk, bisa memicu masalah baru. Misalnya kurang fokus dalam bekerja, miskomunikasi dengan rekan kerja, meningkatnya stres hingga menimbulkan penyakit dalam tubuh.

Bagi orang yang bekerja dengan bahagia di tempat kerja, mereka cenderung lebih produktif, menyenangkan, dan bisa diandalkan oleh timnya. Nah, kamu juga ingin merasa bahagia di tempat kerja? Sebenarnya tidak terlalu sulit, karena ini ada hubungannya dengan pola pikir dan perilaku yang datang dari diri kita. Jika ingin bekerja dengan bahagia, beberapa tips sederhana berikut bisa coba kamu terapkan.

Memulai Hari dengan Positif

Perasaanmu di pagi hari bisa mempengaruhi perasaanmu di tempat kerja sepanjang hari. Bagi yang menjalani pagi dengan suasana hati yang bahagia maka lebih produktif saat siang hari. Oleh karena itu kamu perlu memulai rutinitas pagi dengan perasaan bahagia.

Lakukan hal yang kamu senangi di pagi hari seperti menikmati kopi atau teh sebelum kerja. Coba juga mencari udara segar dengan jalan pagi sebentar. Sebuah penelitian menyebutkan 20 menit menghirup udara segar dapat meningkatkan kebahagiaan dan suasana hati yang baik. Sesampai di tempat kerja, kamu bisa merapikan meja dan mengatur barang di atasnya. Sehingga suasana kerja terasa lebih menyenangkan.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Motivasi di Tempat Kerja 

Istirahat Sebentar

Saat bekerja usahakan kamu tetap menyisipkan waktu istirahat. Karena bila terus menerus bekerja, kamu akan merasa lelah dan semakin tidak produktif. Cobalah setidaknya istirahat 10-15 menit. Ini salah satu cara bekerja dengan bahagia yang bisa kamu terapkan di tempat kerja kamu.

Isi waktu dengan kegiatan yang membuat kamu segar kembali. Misalnya meditasi singkat mengikuti video di YouTube atau aplikasi, berjalan di sekitar ruangan, stretching badan, mendengar musik, memutar video lucu, membaca buku, menikmati coklat dan lainnya. Memberi waktu sebentar untuk diri sendiri di tempat kerja bisa membuat kamu bersemangat dan tingkat stres lebih rendah.

Keseimbangan Kerja dan Kehidupan

Tentu tidak baik terlalu mencurahkan diri pada pekerjaan, tanpa jeda. Perlu ada keseimbangan antara kerja dan kehidupan. Supaya kamu tetap berenergi, produktif dan bahagia. Jangan sampai kamu siaga 24 jam dalam tujuh hari untuk pekerjaan, kecuali ada situasi penting.

Jika kamu merasa bekerja sepanjang waktu, maka kamu perlu melakukan penyesuaian dan menetapkan batasan di kantor. Bila ada beberapa pekerjaan yang menuntut jam kerja lebih lama, kamu mungkin bisa minta untuk bekerja dari rumah. Sehingga mengurangi waktu lembur.

Kamu tetap perlu merawat diri dengan cukup tidur, memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, mengkonsumsi makanan bernutrisi dan olahraga teratur. Semua menjadi bagian penting untuk bisa bekerja dengan bahagia di tempat kerja. 

Ditambah lagi menjaga hubungan sosial dengan keluarga dan teman saat akhir pekan. Ini bisa membantu mengembalikan semangatmu untuk melewati kerja minggu selanjutnya.

Baca juga: Kamu merasa stres? Cek ciri-cirinya berikut!

Membangun Pertemanan

Beberapa hubungan baik dalam kehidupan dapat terbentuk saat bekerja. Sehingga perlu membangun relasi yang menyenangkan dalam kerja. Baik dengan rekan kerja maupun atasan. Sebab kita memerlukan teman, mentor dan penasihat di tempat kerja. 

Ada yang bisa menghibur kita, membantu menemukan solusi masalah, memberi saran, bertukar pikiran, menampung curahan hati hingga menghabiskan waktu bersama di luar jam kantor. Meskipun terdengar sepele, namun hal-hal ini bisa membuat kamu nyaman di tempat kerja dan merasa bekerja dengan bahagia tanpa beban pikiran.

Carilah orang-orang yang positif dan berpikiran maju. Mereka tentunya bisa mendukung pertumbuhan karir dan kebahagiaan kamu. Begitu pula sebaliknya.

Mengakui Pencapaian

Sadari tiap pencapaian yang terjadi pada dirimu dan tim kerja setiap harinya. Karena ini bisa meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja. Rasa percaya diri dan keyakinan diri akan meningkat seiring pengakuan tersebut.. Kamu pun bisa memuji rekan kerja terkait pekerjaan yang sudah mereka lakukan. Semua orang tentu senang bila mendapat perhatian akan pekerjaannya

Sementara untuk mengetahui perkembangan yang kamu lakukan, buatlah daftar halnya di pagi hari. Kemudian beri tanda centang jika itu sudah kamu selesaikan. Sepulang kerja, lihat lagi daftarnya dan sadari kamu sudah melakukan progres. Ini membuat kamu merasa lebih puas akan semua pencapaian di hari tersebut.

Tidak Memikirkan Banyak Hal

Setiap hari pasti ada rintangan baru yang harus dihadapi, termasuk dalam urusan kerja. Daripada stres akan hal ini, belajarlah menikmati perjalanannya. Salah satu caranya dengan berlatih menyadari momen saat ini dan hidup didalamnya. Jangan terjebak dalam tekanan yang muncul terkait masa lalu atau masa depan. 

Dengan menyadari kehadiran saat ini, kamu lebih fokus pada penyelesaian masalah daripada masalah itu sendiri. Mengembalikan perhatian pada masa kini juga mencegah kecemasan dan lebih menerima segala hal yang hadir di depan mata.

Baca juga: 5 Tanda Kamu adalah Kawan yang Setia! 

Akhiri Kerja dengan Rasa Syukur

Otak kita cenderung mengingat hal buruk dibanding hal baik. Sehingga membuatnya lebih sulit untuk menjadi bahagia. Namun otak dapat dilatih agar lebih baik mengingat hal positif. Cara paling sederhana yaitu dengan memikirkan sesuatu yang membuat kamu bahagia setiap harinya dan menulisnya.

Cobalah sepulang kerja kamu memikirkan hal baik yang terjadi di hari itu kemudian mengucapkan rasa syukur. Bisa juga menulisnya di buku, handphone atau tempat lainnya sebagai pengingat. Sehingga kamu dapat membacanya lagi ketika sedang kurang bersemangat. 

Bila melakukannya secara teratur, maka kemungkinan akan muncul rasa optimis dan pandangan lebih baik terhadap kehidupan secara keseluruhan. Termasuk saat sedang berada di tempat kerja.

Bekerja dengan bahagia juga berawal dari rasa syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan, untuk itu cobalah untuk mencintai pekerjaanmu dan sabar atas setiap kesulitan yang kamu hadapi.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.