Tips mudik aman yang pertama adalah menggunakan setelah pakaian yang nyaman selama pergi sampai tempat tujuan. Saat bepergian jauh, gunakan pakaian berbahan katun lembut agar nyaman dipakai.

Apalagi jika situasi mengharuskan kamu untuk bermalam di jalan, pemilihan baju yang salah akan membuat tidur nggak nyaman. Selanjutnya jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman.

Untuk wanita, hindari menggunakan wedges atau high heels ya. Memang sih kamu akan terlihat cantik, tapi kaki kamu akan sakit dan lecet kalau mudik dengan kedua jenis sepatu itu.

Persiapkan Kelengkapan Gadget

Tips mudik selanjutnya adalah perlengkapan gadget. Bagian yang paling penting adalah gadget dan teman-temannya! Pastikan kamu membawa power bank dan pengisi daya lainnya yang cukup agar gadget kamu tidak mati saat di perjalanan. Dengan gadget, kamu bisa banyak berkreasi selama perjalanan lho. Jangan lupa juga untuk membawa hands-free untuk mendengarkan musik, atau menonton video dikala sedang bosan.

Gunakan Gadget untuk Hal yang Bermanfaat

Jangan gunakan gadget kamu hanya untuk bermedia sosial aja, yuk coba untuk membuat mini vlog selama perjalanan. Ceritakan suasana saat mudik ataupun tempat-tempat unik yang kamu lewati. Hal ini bisa jadi dokumentasi perjalanan yang unik lho.

(Baca juga: Menjaga mood tetap semangat di bulan ramadan)

Buat VLog Seru Selama Perjalanan

Tips mudik selanjutnya adalah nge-vlog! Kalau adalah tipe orang yang hobi nge-vlog, merekam perjalanan kamu selama mudik adalah hal yang pastinya menyenangkan. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan kamu untuk support vlog recording biar lebih terlihat menarik.

Kalau kamu bukan tipe yang suka merekam diri sendiri, abadikanlah momen perjalanan dengan menulis artikel di blog. Tuangkan keseruan dan pengalaman kamu ke dalam tulisan. Pengalaman yang kamu lewati selama mudik bisa jadi inspirasi untuk banyak orang lho.

Tidak Membawa Bawaan Terlalu Banyak

Usahakan saat mudik untuk tidak terlalu banyak membawa barang bawaan. Selain report dan tidak nyaman, kamu harus menjaga semua barang bawaan agar selalu dalam pandangan dan tidak hilang. Mungkin untuk beberapa orang bukanlah hal yang sulit, namun perlu di pahami bahwa membawa banyak barang termasuk tidak safety karena berpotensi juga mengundang tidakn keriminal. Untuk itu bawalah barang seperlunya ya guys.

Hal terakhir yang nggak boleh terlupa, bawalah wewangian, body lotion, dan deodorant agar tubuh tidak lengket. Mau pergi seharian pun kalau tubuh wangi dan segar, perjalanan akan terasa menyenangkan!