Tips Menyusun Skripsi Biar Selesai Tepat Waktu

tips-membuat-skripsi

Seringkali, skripsi menjadi beban yang berat untuk mahasiswa terutama yang sudah memasuki tahun terakhir di masa perkuliahan. Sebagai syarat dari kelulusan, skripsi harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Nah, susahnya, terkadang kita terlalu santai di awal sehingga saat menginjak tahun terakhir baru mulai memikirkan tema dan pembahasan apa yang ingin garap untuk penelitian skripsi.

Jika seperti ini, maka resiko terlambat mengumpulkan atau bahkan tidak selesai sesuai waktu jadi terbuka lebar. Nah buat kamu yang kini sedang bergelut dengan skripsi, berikut ini adalah tips membuat skripsi agar selesai dengan baik dan tepat waktu:

Buat target untuk diri sendiri

Tips membuat skripsi yang pertama adalah membuat target untuk diri sendiri. Pentingnya membuat target secara berkala adalah agar kamu bisa mengukur kemajuan dalam penulisan skripsi kamu. Untuk bisa selesai tepat waktu, target ini juga berguna untuk memastikan bahwa tidak ada yang terlewatkan dari proses penulisan skripsi kamu.

Teliti dengan perkembangan berkala

Penelitian skripsi kamu akan lebih terukur perkembangannya dengan pemeriksaan secara berkala. Coba saja kamu buat untuk ukuran mingguan ataupun bulanan. Target jangka pendek seperti ini sangat berguna juga untuk menjadi motivasi lho!

Luangkan waktu khusus untuk menulis

Tips membuat skripsi selanjutnya untuk meluangkan waktu menulis. Membangun rutinitas menulis akan sangat baik terutama untuk kamu yang memang kesulitan membagi waktu. Coba deh luangkan waktu 3-4 jam sehari alam menulis. Tidak perlu berlama-lama, yang penting kamu bisa maksimalkan waktu yang ada.

Reward untuk diri sendiri

Nah, setiap kali kamu mencapai target, ada baiknya jika kamu memberikan reward atau penghargaan untuk diri sendiri. Tidak ada salahnya bukan? Tidak perlu sesuatu yang mahal, yang penting bisa membuat kamu sedikit happy dan kembali termotivasi untuk mengerjakan penelitian skripsi kamu dengan lebih baik lagi.

Bergaul juga dengan para sarjana

Mereka yang sudah pernah merasakan kesulitan yang kamu rasakan saat membuat penelitian skripsi pasti bisa menceritakan bagaimana pengalaman yang pernah mereka alami. Kamu juga bisa menanyakan seputar referensi terkait penulisan skripsi kamu.

Cara pendekatan pada para senior ini cukup ampuh dalam penerapan tips membuat skripsi kamu jadi lebih mudah. Dengan begini, kamu tentu bisa menarik pelajaran yang berharga kan? Selain itu kamu juga perlu aktif bergaul dengan para dosen agar semakin yakin dengan pilihan tema skripsi kamu. Jangan lupa juga dosen pembimbing lho!

Untuk tips membuat skripsi yang terakhir ini pasti akan sulit dilakukan karena tentu ada hal-hal yang membuat kamu tergoda untuk melakukannya bukan? Maka dari itu kamu juga perlu memanage diri kamu agar menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya ya!

Semangat untuk skripis kamu guys..

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.