Jaga Performa Disiplin Kerja dengan 7 Tips Praktis Ini

Disiplin Kerja
Source: Pexels

Kedisiplinan menjadi kunci sebuah kesuksesan. Begitu juga di tempat kerja. Disiplin menjadi faktor terbesar yang bisa menentukan kemajuan karir. Sehingga amat penting dimiliki pekerja. Karyawan yang disiplin mematuhi serangkaian aturan perusahaan, cenderung memenuhi ekspektasi kerja dan memiliki hubungan baik dengan rekan kerja maupun atasan.

Memang tidak mudah menjaga kedisiplinan dalam bekerja. Khususnya bila berhubungan dengan disiplin diri. Seperti disiplin menyelesaikan pekerjaan, mengikuti jadwal, mengatur waktu kerja, tetap fokus dan lainnya.

Padahal banyak keuntungan yang bisa didapat dari menerapkan kedisiplinan. Baik untuk kesuksesan pribadi maupun perusahaan. Sebab disiplin memicu produktivitas. Nah, kamu ingin lebih disiplin dalam melakukan pekerjaan? Berikut ini ada tujuh cara praktis menjaga disiplin kerja yang bisa kamu ikuti.

Membuat Jadwal dan Target Harian

Salah satu cara membangun kedisiplinan adalah dengan mematuhi jadwal harian yang mengikat. Atur waktu dalam jadwal tersebut untuk menyelesaikan setiap tugas. Ketika durasi waktunya sudah selesai, baru kamu bisa melakukan pekerjaan lainnya. 

Jika belum waktunya, jangan dulu membuka email atau menjelajahi internet. Karena tanpa sadar ini bisa membuat pekerjaan menjadi tertunda.

Sebaiknya jadwalkan tugas-tugas sulit terlebih dahulu. Jangan menundanya sampai nanti kecuali kamu sedang benar-benar tidak termotivasi. Dengan melakukan tugas berat lebih dulu, maka kamu tidak membiarkannya jadi beban pikiran. Baru kemudian kamu berlanjut ke tugas lebih menyenangkan. Kamu pun akan mengakhiri hari dengan kepuasan dalam penyelesaian tugas.

Baca juga: Tips simple ini bisa bantu kamu bekerja dengan bahagia

Selain membuat jadwal, kamu juga perlu menulis tujuan atau target harian kamu. Dengan menuliskannya, kamu akan tahu pekerjaan mana yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu. Pastikan target yang kamu buat realistis dan terukur dengan begini disiplin kerja yang kamu lakukan sudah tepat. Kemudian review pencapaian tujuan itu di penghujung hari setiap harinya.

Singkirkan Distraksi

Tetap fokus termasuk salah satu yang penting dalam menjaga disiplin kerja. Caranya bisa dengan menyingkirkan hal yang membuat kamu terdistraksi dari pekerjaan. Penyebabnya bisa beda-beda pada setiap orang. 

Ada yang menjaga fokus dengan tidak membuka email, mematikan telepon genggam, menutup pintu ruangan dan lainnya. Kamu bisa mencatat apa saja yang membuat terdistraksi. Nantinya kamu akan melihat pola atau kategori penyebab gangguan. Jika sudah tahu maka dapat membantu kamu memutuskan cara menghindarinya.

Baca juga: Tips Menjadi Manajer Favorit dengan Manajemen yang Efektif  

Membagi Pekerjaan

Terkadang sebuah tugas dalam kerja bisa tampak begitu besar dan terasa membebani. Bahkan mungkin membuat kamu tidak tahu bagaimana harus memulainya. Sehingga semangat sudah turun duluan sebelum kamu mengerjakannya. 

Untuk itu kamu perlu membagi satu tugas besar menjadi tugas-tugas kecil yang bisa dilakukan dalam jangka pendek. Karena dengan memulai dari yang kecil, tanpa terasa nantinya kamu dapat merampungkan seluruh pekerjaan.

Kamu pun akan lebih antusias setiap satu tugas kecil terselesaikan. Jadi semakin memicu semangat untuk melanjutkan tugas selanjutnya ini salah satu cara menjaga disiplin kerja yang cukup ampuh untuk dilakukan.

Hindari Multitasking

Banyak orang yang bangga dengan kemampuan multitasking, dimana bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Meski begitu, kamu tidak akan fokus dalam membuatnya. Berlatihlah fokus pada tugas yang ada dulu supaya kamu tidak stres dalam pengerjaannya. 

Jika kamu mengalami kesulitan karena biasa multitasking, mulailah dengan fokus melakukan satu hal dalam waktu singkat. Misalnya dalam kurun 10-15 menit. Kemudian secara bertahap tingkatkan waktu yang kamu alokasikan untuk membuat satu pekerjaan. 

Kerjakan Tugas yang Kamu Senangi

Disiplin diri akan lebih mudah muncul bila kamu benar-benar menikmati apa yang kamu kerjakan. Walau dalam pekerjaan kita tidak bisa terhindar dari berbagai tugas dan diantaranya pasti ada yang tidak disukai. 

Meski begitu, cobalah meminimalkan tugas yang menurut kamu tidak menyenangkan. Temukan setidaknya ada sedikit bagian menarik dari tugas yang kamu lakukan. Jika tetap sulit, coba mulai kerjakan tugas yang kamu senangi terlebih dahulu. Agar motivasi disiplin kerja kamu tetap terjaga dari awal.

Jangan Menuntut Kesempurnaan

Kamu harus menyadari bahwa kesempurnaan bisa menghalangi upayamu untuk lebih disiplin. Misalnya kamu memutuskan tidak melakukan tindakan apapun sampai keadaan sepenuhnya ideal atau satu bagian dari proyek sudah selesai semua. Tentu kamu tidak akan jalan di tempat. 

Hal yang paling penting dilakukan adalah terus bergerak maju. Meski itu berarti melakukan pekerjaan hanya dengan cukup baik, tidak betul-betul sempurna. Nantinya kamu bisa melakukan perbaikan atau revisi bila ada kekurangan.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Motivasi di Tempat Kerja 

Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

Walau pekerjaan dan waktu terasa begitu menekan, tapi kamu tetap harus menghargai diri setiap merampungkan tugas. Kamu sebaiknya tidak langsung beralih ke aktivitas selanjutnya. Tapi beri apresiasi pada diri kamu setiap menyelesaikan sebuah tugas. 

Caranya bisa dengan melakukan pemijatan di spa, menonton film di bioskop atau menikmati makanan di restoran favorit. Ini akan memotivasi kamu mempercepat penyelesaian tugas. 

Sebab disiplin diri akan lebih mudah dipertahankan jika kamu menanti sesuatu yang menyenangkan di ujung jam kerja yang panjang. Bahkan bila sudah mengakhiri suatu proyek besar, kamu bisa saja mengajukan cuti. Dengan istirahat atau berlibur maka kamu bisa mengembalikan fokus dan disiplin kerja yang mulai luntur karena kelelahan.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.