5 Tips Menjaga Motivasi di Tempat Kerja

Tips motivasi kerja

Pernahkah kamu merasa weekend berlalu begitu cepat dan tidak terasa? Setelah itu terasa juga hari Senin begitu menyiksa dan terlalu cepat tiba. Nah kamu pasti merasakan itu karena jenuh dengan aktivitas harian yang itu-itu saja.

Kamu perlu tips motivasi kerja yang bisa mengembalikan semangat kamu. Tips ini berguna untuk mengusir penat yang menjangkit di kala kamu telah begitu jenuh menjalankan hari-hari.

Identifikasi Penyebab Kejenuhan

Pertama kali, cobalah untuk mengetahui lebih detil apa yang membuat kamu jenuh. Bisa jadi pekerjaan kamu tidak berkembang. Atau bahkan pekerjaan itu dirasakan tidak ada dampaknya terhadap kinerja perusahaan.

Kalau begitu, kamu perlu mengolah lagi tujuan kamu bekerja. Apakah kamu cuma ingin mendapatkan gaji? Ataukah kamu punya semacam misi untuk membuat prestasi di lingkungan kerja? Kalau kamu sudah tahu sebabnya, kamu bisa mulai mencari solusi keluar dari kejenuhan.

Baca juga: Tips Biar Gak Cepat Bosan Dengan Kerjaan

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Cobalah untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Tips motivasi kerja yang satu ini sangat berguna tidak hanya bagi kamu yang ingin mencari motivasi lebih, tapi juga untuk hal-hal lain yang berkaitan dengan efisiensi dalam hidup.

Cobalah untuk mengejar passion atau hal-hal menyenangkan ketika kamu liburan atau di weekend. Jika setiap weekend kamu bisa manfaatkan untuk itu, bisa jadi ketika hari Senin tiba, energy kamu bisa tersedia untuk kembali semangat mengerjakan tugas-tugas yang dibebankan kantor.

Baca juga: Tips Anti Baper di Kantor

Persiapkan Hari Senin Lebih Awal

Jika kamu sudah menyadari bahwa hari Senin selalu menjadi “beban”, cobalah tips motivasi kerja ini! Kamu bisa mempersiapkan hari Senin lebih awal. Misalnya, di Minggu malam cobalah untuk menyiapkan tugas-tugas Senin sehingga tidak lagi repot waktu Senin pagi. Istilahnya, kamu bisa “curi start“ duluan.

Keuntungan dari persiapan lebih awal ini adalah kamu bisa lebih tenang dan mengurangi beban yang harus dikerjakan di hari Senin.

Salah satu motivasi bekerja kan ingin agar pekerjaan cepat selesai. Cobalah untuk mengerjakannya sebelum tidur Minggu malam. Siapa sangka kamu justru malah termotivasi karena kan hari Minggu punya lebih banyak waktu senggang.

Hadirkan Sesuatu yang Baru

Mempersiapkan sesuatu yang baru dan lain dari biasanya adalah salah satu hal yang bisa mengusir jenuh. Tidak harus mahal, bahkan kamu bisa saja menyiapkan bekal menu makanan yang agak berbeda dari biasanya, atau mengubah gaya berpakaian. Hal-hal material seperti ini tidak selamanya harus mahal kan, Pintarian?

Nah cobalah untuk sesekali menyiapkan sesuatu yang baru di awal hari Senin. Ajak teman kamu juga untuk melakukan hal yang sama. Selain kamu lebih akrab dengan teman sekantor, kamu juga bisa menjalin kekompakkan yang lebih baik dengan mereka.

Atau, jika kamu mau lebih serius lagi, kamu juga bisa belajar bahasa baru lho! cobain deh belajar bahasa asing untuk mengisi waktu senggang di tengah-tengah kesibukan kerja!

Ingat Terus Impian yang Ingin Kamu Kejar

Cobalah tips motivasi kerja yang satu ini. Kamu bisa membuat impian kamu jadi kenyataan dengan cara terus mengingatnya dalam hati. Ingatlah bahwa kamu ingin impian itu tercapai dan bersemangatlah untuk mengejarnya tanpa harus mengalah dengan keadaan malas, bosan, atau penat di lingkungan kerja.

Tips motivasi kerja yang satu ini berkaitan dengan cita-cita jangka panjang kamu lho! Jadi persiapkanlah sebaik mungkin Pintarian! Jangan sampai cita-cita ini meleset hanya karena kamu penat atau jenuh sejenak.

Baca juga:
Tentukan Passion untuk Masa Depan Kariermu
Pentingnya Skill Komunikasi di Lingkungan Kerja

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow