Musim Liburan, Ini Tips Mempersiapkan Diri untuk Mudik!

Tips mudik lebaran

Mudik menjadi semacam ritual yang hampir tak bisa ditawar lagi. Kamu pulang ke kampung halaman untuk bertemu orangtua atau ke kampung halaman pasangan kamu ya? Kalau sudah begitu, kamu perlu tips mudik lebaran yang bisa diandalkan.

Tips macam itu bisa didapat dari mana saja, tapi sebetulnya hal yang harus dipersiapkan selama mudik cukup sederhana lho! Semua bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori persiapan. Kesehatan, keuangan, transportasi, dan tentu saja persiapan mental. Dengan memperhatikan minimal empat faktor itu saja, kamu akan bisa mudik dengan nyaman deh, Pintarian.

Kesehatan

Mudik paling sering diiringi perasaan mual. Semua tips mudik lebaran hampir pasti membicarakan mual di perjalanan lho! Entah karena kehamilan ataupun karena jauh dan panjangnya perjalanan.

Kamu bisa saja mual karena kurang disiplin makan dan mentoleransi waktu makan terlalu lama. Bisa juga karena ketika di waktu makan kamu justru sedang tidak bisa berhenti di tengah-tengah perjalanan.

Apapun faktor penyebabnya, hindarilah rasa mual ini karena kamu akan sangat tidak nyaman dalam menjalankan mudik. Khusus untuk ibu hamil, urusan mual ini tentu saja tidak bisa dihindari ya. Nah kamu perlu meminta saran dan nasihat dokter nih untuk tips khusus mudik buat ibu hamil.

Jika kamu mudik dengan menggunakan transportasi kereta, kamu juga akan terjangkit masalah seputar badan pegal linu dan kaku akibat harus berada di posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama. Kalau sudah begitu, bawalah persiapan balsem atau minyak gosok yang bisa membuat badan kamu agak nyaman sepanjang perjalanan.

Baca juga: Daerah Sejuk Baik untuk Kesehatan Psikologi! Ini Penjelasannya

Keuangan

Dari snack, uang makan, amplop, dan tentu saja hadiah lebaran buat sanak saudara, kamu perlu mempersiapkan jumlah nominalnya sebaik mungkin!

Rencanakanlah segala pemasukan dan pengeluaran dan catat dengan rapi supaya kamu tidak lupa atau kehabisan uang di tengah perjalanan. Jika perlu, kamu bisa mengatur pengeluaran dengan sistem satu pintu. Maksudnya, kumpulkanlah uang di satu orang yang bisa dipercaya.

Nantinya, orang itu bisa dijadikan “dompet” kamu selama perjalanan mudik. Nah kalau sudah begitu, mekanisme kontrolnya lebih mudah.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatur Gaji Bulanan Biar Gak Boros

Transportasi

Faktor yang satu ini adalah salah satu yang paling penting lho! Kamu harus memikirkan dari awal banget nih alat transportasi apa yang akan digunakan. Tips mudik lebaran ini terkait dengan penyediaan dana mudik, bisa gak kamu pikirkan dulu berapa besar dana yang harus dikeluarkan untuk transportasi?

Jika dananya memungkinkan dan jarak mudik kamu jauh, ada baiknya mempertimbangkan pesawat untuk menghindari perjalanan terlalu lama yang justru merugikan kesehatan kamu.

Persiapan Mental

Tips mudik lebaran terakhir adalah persiapan mental. Banyak yang bilang, bertemu dengan keluarga besar sangat menyenangkan dan bisa jadi ajang untuk kangen-kangenan. Tapi di sisi lain, kamu juga akan “terjebak” dalam kelompok keluarga besar yang tidak nyaman lho!

Misalnya, om dan tante yang selalu penasaran dengan kehidupan pribadi kamu seperti kapan nikah kapan lulus sekolah dan lain-lain.

Untungnya ada program blended learning yang membuat kamu bisa kuliah dengan jadwal yang fleksibel dan bisa sambil kerja. Kalau kamu berhadapan dengan pertanyaan seputar kuliah atau kerja, kamu bisa langsung kasih liat aja di gadget kamu semua materi perkuliahan yang sedang kamu jalani.

Nah dengan begitu mereka juga akan menghargai kamu dan siapa sangka, juga menghargai privasi kamu dengan tidak menanyakan hal-hal pribadi yang membuat tidak nyaman.

Nah Pintarian, tips mudik lebaran yang seperti apapun pasti menginginkan kamu untuk selalu sampai dengan selamat di tempat tujuan. Berdoalah untuk memohon keselamatan sebelum melakukan perjalanan mudik ya.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow