Kenalan dengan diri sendiri

Tips memilih jurusan kuliah yang pertama adalah mengenali diri sendiri. Ini berkaitan dengan masa depan dan kamu yang paling mengenal diri sendiri. Buat riset kepada diri sendiri, “Apa yang aku inginkan? Mau jadi apa di masa depan?”. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membawa kamu ke pilihan jurusan kuliah yang cocok.

Jika kamu sudah mengenal diri kamu sendiri, sudah mengerti apa yang kamu inginkan, termasuk memilih jurusan kuliah. Kamu bisa menentukan passion yang selanjutnya akan kamu jalani di dunia kerja sekaligus membangun karier kamu dalam waktu jangka panjang.

Buat daftar jurusan yang diinginkan

Jika kamu masih belum bisa menentukan pilihan, buatlah daftar berupa tiga jurusan kuliah yang paling diingkan. Lalu tuliskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jurusan kuliah tersebut. Tips memilih jurusan kuliah seperti ini banyak di gunakan oleh para calon mahasiswa yang bingung mengambil keputusan lho.

Dengan cara ini kamu bisa lebih mempertimbangkan jurusan kuliah apa yang paling sesuai. Atau kalau kamu mempunyai banyak minat, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang paling kamu minati, lalu mengambil kelas kursus untuk bidang lain baik itu yang berkaitan dengan perkuliahan atau hobi kamu.

Banyak diskusi dengan yang sudah berpengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Untuk tips memilih jurusan kuliah yang satu ini mengandalkan pengalaman dari para senior atau yang sudah lebih dahulu mengambil keputusan yang serupa.

Hal ini benar adanya, maka nggak ada salahnya untuk menyerap berbagai informasi dari orang yang memiliki pengalaman di dunia kuliah dan kerja. Ambil baiknya, buang jeleknya, dan tentukan pilihan hidup kamu.

Rajin baca referensi tentang dunia kuliah

Banyak sekali informasi maupun simulasi yang bisa kamu lihat di internet. Apalagi di zaman sekarang yang sudah nggak ada batas dalam teknologi. Kamu bisa cari tahu tentang gambaran jurusan yang kamu suka lewat YouTube, pasti lebih jelas jika semua ditampilkan secara visual kan?

Rajin menggali informasi adalah kunci agar kamu nggak salah jalan. Setelah kamu dapat cukup informasi, kombinasikan dengan tekad dan kemampuan yang kamu punya. Selamat menghadapi bangku kuliah yang menyenangkan!