Mudah Grogi? Ini Dia Tips Ampuh Usir Grogi Saat Interview Kerja

Tips Interview Kerja

Ketika lulus kuliah atau bahkan sebelumnya, pasti kita mendengar cerita dari kakak-kakak kita mengenai sulitnya interview kerja. Tips interview kerja banyak dibuat oleh mereka yang merasa hal itu sangat penting untuk dibagikan.

Nah Pintarian sudah tahu kan bahwa lapangan kerja di Indonesia semakin lama semakin terbatas? Untuk itu, segala hal perlu dipersiapkan dengan matang, termasuk ketika mengajukan lamaran kerja dan interviewnya.

Tips interview kerja biasanya memuat cara-cara menghadapi keadaan yang menegangkan. Bisa jadi kamu harus berhadapan dengan calon atasan kamu langsung dan ditanya seputar hal-hal teknis yang akan kamu kerjakan nantinya. Nah oleh karena itu, tidak ada salahnya semenjak kuliah kamu coba-coba melatih cara mengusir grogi saat interview.

Kontrol Emosi dengan Pernapasan

Atur pernapasan kamu sehingga bisa memberikan suasana tenang di dalam hati. Cakupan oksigen yang cukup dan teratur bisa membuat kamu berpikir lebih jernih.

Jadi, keuntungan dari mengatur pernapasan akan lebih banyak dari sekedar mengusir grogi. Kabarnya, mengatur pernapasan bisa meningkatkan juga daya tahan tubuh kita lho!

Tumbuhkan Kepercayaan Diri

Apabila kamu kurang percaya diri, besar kemungkinan kamu akan dihinggapi sikap gugup yang sangat mengganggu komunikasi kamu dengan orang yang mewawancara. Pastikan kamu datang ke perusahaan yang kamu lamar dengan sikap percaya diri penuh dan yakin bahwa kamu punya kualitas yang mereka cari!

Kepercayaan diri bisa dibangun dengan bekerja keras dalam melakukan tugas-tugas kamu sehari-hari. Yakinlah bahwa kamu bisa menyelesaikan semua dengan baik!

Persiapkan Semua dengan Fokus

Kamu pasti tahu kalau fokus yang kurang bisa membuat kamu kesulitan menyampaikan gagasan atau ide kamu ke orang lain. Tips interview kerja yang satu ini sangat berguna lho! Usahakan untuk menenangkan pikiran terlebih dahulu sebelum masuk ruangan interview. Singkirkan semua pikiran yang mengganggu kamu!

Latihan untuk fokus ini bisa kamu lakukan misalnya dengan menghentikan sejenak aktivitas kamu di media sosial, atau berhenti sejenak dari ponsel kamu. Bukan berarti kamu tidak boleh ‘bergaul’ di sosmed tapi untuk menghadapi interview, coba deh untuk fokus ke diri sendiri dulu. Pasti kamu bisa lebih maksimal.

Berdoa

Nah Pintarian, jika semua persiapan sudah kamu lakukan, berdoalah untuk mohon bantuan kepada Tuhan dalam setiap langkah termasuk untuk menghadapi interview. Selain untuk mohon pertolongan, berdoa juga bisa memberi ketenangan dan fokus lho!

Tips interview kerja yang satu ini sangat cocok buat kamu yang sering merasa kesulitan dalam hidup. Kalau bisa lulus interview, jangan lupa berdoa lagi untuk bersyukur ya!

Yuk coba lakukan hal-hal di atas ketika menghadapi interview!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.