Tips Ampuh Cari Kerja untuk Fresh Graduate

Tips Cari Kerja

Bagi kamu yang sebentar lagi akan lulus kuliah, biasanya akan menghadapi tantangan, bagaimana mencari pekerjaan yang nyaman, sekaligus bisa menjadi sumber pendapatan. Kalau kamu beruntung, tempat kerjamu juga bisa menjadi wadah menyalurkan passion kamu.

Nah kalau kamu sedang bersiap melamar atau mencari pekerjaan yang kamu impikan, berikut ini tips cari kerja yang perlu kamu ketahui untuk bisa mendapatkan pekerjaan impianmu;

Bergaul dengan orang yang berpengaruh

Dalam hal ini bukan berarti kamu harus pilih-pilih dalam pergaulan lho. Kamu justru harus menambah atau memperbesar lingkaran pergaulan kamu sehingga dalam mencari kerja kamu punya perspektif yang luas dan tidak monoton. Bisa jadi, dari teman-teman baru itulah kamu jadi menyadari banyak hal yang bisa membuka kesempatan kerja.

Karena semakin banyak teman berarti semakin banyak informasi penting, termasuk perihal tentang standar gaji lho! Selain itu, kamu juga jangan membatasi pergaulan hanya karena lokasi pertemuan bukan di lingkungan perkantoran. Karena tidak jarang, relasi bisnis atau hubungan kerja terjalin dari luar lingkungan kantor.

Cerdas mencari pekerjaan secara online

Sekarang ini beragam situs pencarian kerja sudah semakin berkembang dan semakin aman. Informasi pribadi yang kamu masukkan di situs pencarian kerja sangat membantu kamu dan calon perusahaan untuk sama-sama menentukan jenis pekerjaan apa yang pas untuk kamu.

Bahkan, beberapa perusahaan justru membuka lowongan di website perusahaan mereka sendiri. Karena di era digital seperti sekarang ini menuntut kita untuk selalu cepat tanggap di setiap kesempatan. Tips cari kerja secara online akan membuat kamu lebih cermat dalam memilih lowongan pekerjaan yang tepat lho..

Buat CV dan surat lamaran yang menarik

Nah kali ini, kita harus mengingatkan diri sendiri untuk selalu mengupdate CV dan surat lamaran agar selalu siap untuk digunakan saat akan melamar pekerjaan baru. Selain itu, kesesuaian antara CV kamu dan persyaratan lowongan kerja juga menjadi salah satu penentu utama bagi perusahaan untuk menerima kamu bekerja.

Buatlah CV kamu semenarik mungkin. Jelaskan juga skill yang kamu miliki, atau dengan menggunakan portofolio dari pekerjaan yang pernah kamu lakukan. Sesuaikan juga surat lamaran kamu dengan CV yang sudah kamu siapkan.

Buat pernyataan bahwa kamu mudah beradaptasi dan berkontribusi dengan baik, supaya perusahaan menemukan kecocokan dan kamu dianggap sebagai kandidat yang cocok mengisi kekosongan posisi di perusahaan tersebut. Tips cari kerja yang satu ini cukup berhasil dilakukan lho! tanpa sadar kamu sedang membangun karier mu sendiri.

Jadi diri sendiri

Tips cari kerja selanjutnya, kamu harus memiliki jati diri yang kuat. Sebagai fresh graduate meski belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni, namun kamu mampu menunjukan jati diri dan membuktikan kemampuan, yang kamu miliki maka bukan tidak mungkin kemungkinan kamu diterima akan semakin besar.

Kuncinya, jadilah diri sendiri! Karena dengan menjadi diri sendiri, kamu bisa meraih prestasi maksimal dan memanfaatkan potensi diri sebaik mungkin. Dengan menjadi diri sendiri, kemungkinan besar kamu juga menjadi lebih nyaman dalam bekerja.

Selain itu jangan pernah menutup diri untuk menambah skill dalam kesempatan apapun dalam hal pekerjaan. Dalam arti, kamu harus peka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, salah satunya dengan ikutan berbagai kursus atau training yang bisa menunjang kinerja kamu di perusahaan.

Sudah siap melamar pekerjaan impian kamu?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow