Tips Belanja Online Agar Tidak Boros

tips-belanja-online

Kemudahan dalam transaksi digital bagaikan kepingan uang logam yang memiliki dua sisi. Yang pertama adalah sisi positif yaitu mudahnya kita mendapatkan barang atau bahkan jasa yang kita perlukan, sementara itu sisi negatifnya adalah pemborosan uang. Nah beberapa pihak sudah mencoba mengeluarkan berbagai tips belanja online.

Untuk bisa beradaptasi dengan teknologi keuangan digital, kita harus tahu seluk-beluknya, lalu mencermati berbagai tips belanja online yang pasti akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini tips yang bisa kamu coba:

Pahami Benar Kebutuhan Kamu

Yang pertama kali harus kita ketahui adalah memahami diri sendiri, atau memahami betul apa yang benar-benar kita butuhkan. Walaupun bagi sebagian orang berbelanja adalah hal yang dirasa menyenangkan, terkadang kesenangan seperti ini justru menjadi bencana yang menumpuk. Kamu sendiri yang harus tahu kapan kesenangan ini harus dibatasi atau bahkan dihilangkan.

Caranya sebenarnya sangat mudah. Pastikan saja barang yang kamu beli online itu benar-benar kamu butuhkan. Jangan sampai barang yang dibeli malah tidak digunakan. Pahami jenis kebutuhan kamu dengan detil.

Rapi Mengatur Perencanaan Pengeluaran

Setelah memahami kebutuhan kamu, kini saatnya mengatur rencana pendanaan. Kamu harus tahu kapan dana keluar atau masuk. Hindari pengeluaran yang ditoleransi dan dikeluarkan atas dasar nafsu belaka. Kamu akan menemui masalah yang menumpuk seandainya membeli barang terus-menerus di luar rencana pendanaan.

Caranya juga cukup mudah lho. Siapkan saja rencana keuangan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kamu. Jangan lupa menyisihkan untuk tabungan ya! Salah satu tujuan utama menyusun rencana pengeluaran adala menabung lho!

Manfaatkan Cicilan

Tips belanja online berikutnya selain mengatur ketat rencana pengeluaran, kamu juga harus peka dengan rencana cicilan. Untuk beberapa barang atau jasa, bahkan di bidang pendidikan yang bisa dibayar dengan metode cicilan, bisa kamu manfaatkan agar pengeluaran tidak membengkak dengan signifikan.

Cicilan di jaman sekarang banyak yang menawarkan bunga 0%. Hal ini bisa dimanfaatkan terutama untuk barang atau jasa yang benar-benar kita butuhkan dan biayanya agak tinggi. Coba saja cari tahu lebih dalam mengenai mekanisme pembayaran cicilan dengan bunga 0%.

Catat, catat, catat!

Setelah semua tips di atas kamu jalankan dengan rapi, kini saatnya mengerjakan hal yang esensial. Catatlah segala jenis pengeluaran kamu! Tips belanja online ini akan sangat membantu kamu dalam mengontrol pengeluaran. Dengan adanya angka-angka catatan pembelian dan pengeluaran, kamu tidak akan hilang arah dalam membelanjakan uang kamu.

Nah Pintarian, tips belanja online ini bisa kamu coba lho untuk memperbaiki kondisi keuangan kamu di masa depan.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.