Tips Anti Baper di Kantor!

tips-anti-baper-di-kantor

Apa sih perlunya memahami cara biar gak baper? Dalam setiap hubungan kerja baik di kantor ataupun dalam hubungan kerja lepas (freelance), profesionalisme sangatlah diperlukan. Di zaman ini, kita seringkali mendengar istilah ‘baper’, atau bawa perasaan.

Dalam kerja-kerja yang membutuhkan interaksi intensif antara dua orang atau lebih, pasti kita melibatkan perasaan dan tidak mungkin akan benar-benar total mengandalkan logika semata.

Sebagai makhluk sosial, perasaan sangatlah manusiawi. Kita tidak akan bisa menghindarinya. Mereka yang secara total bertindak berdasarkan logika saja justru bisa tersingkir dari pergaulan dan pekerjaan.

Tapi apakah berarti kita harus baper? Tentu tidak. Baper bisa terjadi karena kita sudah merasa tidak bisa menahan lagi untuk mengungkapkan perasaan. Nah seringkali ini justru merugikan kita sebagai profesional terutama di lingkungan kantor dan pekerjaan. Gimana sih cara biar gak baper?

Dibawa Santai Aja

Kita bisa mulai melihat sesuatu dari perspektif yang positif. Cobalah untuk melihat permasalahan ataupun tantangan dengan positif. Sebagai contoh, apabila kamu mendapat kritik dari atasan ataupun teman kerja, cobalah jangan langsung menolak atau memberikan jawaban dari sisi kamu.

Cobalah untuk memahami apa yang dikritik dan lakukan introspeksi diri dan bertanya dalam hati apakah kritiknya tepat?

Inilah salah satu hal paling efektif cara biar gak baper di kantor. Apabila kamu bisa melakukan itu, kamu akan mendapatkan ketenangan yang justru baik juga untuk kamu agar bisa mengoreksi diri dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Mendengarkan Musik

Apabila kamu belum bisa langsung melakukan introspeksi, cobalah untuk membangun mood yang baik dalam beberapa saat. Isilah dengan kegiatan yang menenangkan seperti mendengarkan musik favorit kamu. Nah kalau bisa, cobalah dengarkan musik yang membuat pikiran kamu rileks. Mungkin saja dengan begitu kamu bisa melihat sesuatu dengan lebih bijak.

Atau bisa juga mengisi hari-hari dan waktu senggang dengan ikutan kursus online yang menyenangkan.

Jaga Ketat Profesionalisme

Jika kamu bekerja dengan banyak orang secara intensif, tentu kamu sangat berpotensi baper. Tidak hanya konflik, kamu juga bahkan bisa saja terlibat urusan percintaan yang justru ‘membahayakan’.

Satu-satunya jalan adalah dengan menjaga integritas dan profesionalisme kerja. Ingatlah selalu bahwa teman kerja kamu adalah partner dalam bekerja dan bukan sekedar teman main.

Cara biar gak baper berikut ini merupakan salah satu cara yang terbaik. Dengan profesionalisme, kamu bisa menjaga dan mengontrol perasaan. Jangankan kontrol emosi, integritas kamu juga jadi terjaga. Cobalah untuk selalu profesional dan berintegritas dalam bekerja!

Fokus Fokus Fokus

Mirip dengan menjaga profesionalisme kerja, fokus merupakan salah satu kunci utama cara biar gak baper. Dengan memberikan fokus pada urusan kantor, kamu jadi gak perlu memikirkan hal-hal di luar urusan profesional yang merugikan dan menurunkan performa kamu di kantor. Cobalah untuk selalu fokus dengan memusatkan perhatian kamu untuk urusan dan pekerjaan kantor.

Nah Pintarian, sudahkah kamu menjalankan cara-cara biar gak baper di atas?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow