3 Tipe Waktu Belajar Bagi Para Mahasiswa

Tipe Waktu Belajar

Waktu belajar sangat menentukan prestasi dan pencapaian hasil belajar seseorang. Yuk cermati lagi apakah kamu tipe pelajar yang lebih nyaman belajar di malam hari atau di siang hari? Keputusan soal waktu belajar ini seringkali tidak hanya ditentukan oleh diri sendiri.

Banyak faktor yang membuat kita harus fleksibel. Salah satu faktor paling berpengaruh adalah jadwal kuliah yang padat. Ketika di siang hari kamu sudah bekerja atau kuliah, pastinya di malam hari kamu baru punya waktu santai untuk belajar sesuatu hal yang di luar perkuliahan.

Sebaliknya, waktu belajar di siang hari bisa jadi dipengaruhi oleh jadwal kerja atau kuliah yang dilakukan malam hari.

Jenis pekerjaan di malam hari itu bisa jadi karena kamu harus bekerja dalam jadwal shift, atau pekerjaan yang mendadak. Waktu belajar yang fleksibel akan membuat kamu juga termotivasi untuk lebih ketat mengatur jadwal dalam segala aspek kehidupan kamu.

Faktor Otak dan Kemampuan Berpikir Maksimal

Otak manusia biasanya dalam kondisi paling maksimal pada pagi hari. Hal ini disebabkan oleh istirahat malam yang baik dan setelah sarapan yang bergizi.

Biasanya, keadaan ini sangat menguntungkan untuk membuka buku teks dan mengenyam suatu materi yang baru atau mendalami materi yang pada malam sebelumnya belum berhasil dikuasai. Dengan kondisi otak yang lebih peka untuk mendapatkan suatu hal baru, kamu bisa lebih nyaman dalam belajar.

Waktu belajar di sore hari membawa kemungkinan kemampuan otak yang kurang maksimal. Di sore hari, sebaiknya kamu menggunakan kemampuan otak kiri dan kanan untuk mengaplikasikan ilmu atau materi yang baru saja didapatkan.

Misalnya, kamu bisa mengerjakan kuis, atau soal-soal latihan yang membutuhkan jawaban langsung. Meskipun begitu, kamu tetap harus melihat apakah kamu tipe orang yang lebih nyaman belajar di siang hari atau sebaliknya, di malam hari.

Baca juga:
Cara Jitu Membagi Waktu Antara Kuliah dan Kerja
Tips Belajar Bahasa Korea Biar Cepat Hafal Kosakata

Tipe Pelajar Siang Hari

Buat kamu yang merasa punya tenaga lebih di awal hari, belajar di pagi hari mungkin ada baiknya. Benefit yang kamu dapat dari tidur malam dan sarapan tadi bisa sangat mendukung kegiatan belajar pagi hari kamu. Yang paling terasa tentu saja fokus pikiran dan konsentrasi.

Dengan istirahat cukup, maka akan terasa jauh lebih mudah. Kebiasaan belajar di pagi hari juga akan menjamin jam tidur kamu yang tidak terganggu.

Baca Juga:
Tips Sukses Kuliah sambil Bekerja untuk Mahasiswa Pekerja

Tipe Pelajar Malam Hari

Buat kamu yang lebih suka waktu belajar di malam hari, kemungkinan besar kamu memang memiliki jam biologis tubuh yang lebih banyak energi nya di malam hari. Dengan sedikitnya gangguan dari suara hingga pekerjan lain, tentu saja kamu bisa lebih konsentrasi juga.

Akan tetapi, kamu perlu ingat bahwa di malam hari, kamu sesungguhnya perlu beristirahat. Jangan sampai istirahat kurang dan kamu jadi terserang penyakit lho!

Nah, untuk menyiasati perbedaan kedua waktu dan jadwal belajar ini, kamu bisa coba kuliah online dengan metode blended learning di Pintaria lho!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.6k Followers
Follow