Daerah Sejuk Baik Untuk Kesehatan Psikologi! Ini Penjelasannya

tips-hidup-sehat

Banyak orang kota menginginkan informasi seputar tips hidup sehat. Akan tetapi biasanya info yang tersedia dan mudah diakses adalah infor seputar diet dan pola makan. Cukup jarang yang menyadari bahwa sebenarnya untuk menjadi sehat diperlukan faktor psikologi yang sangat menentukan kesehatan fisik.

Tinggal di pantai, misalnya, merupakan salah satu tips sehat yang efektif karena udara laut baik untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Udara laut baik untuk tidur karena udaranya lebih bersih dan segar dengan kadar oksigen lebih tinggi. Meski laut, banyak pantai yang sejuk lho!

Sebaliknya, berkemah di gunung terbukti menjadi tips hidup sehat lain yang paling sering kita dengar. Meskipun hanya sesekali berkemah di gunung, kamu bisa dapat keuntungan yang sangat menyehatkan lho.

Sama dengan pantai, udara bersih di pegunungan sejuk membuat tubuh kita bisa berfungsi maksimal dan secara psikologi menenangkan. Kandungan oksigen yang begitu banyak tentu sangat baik secara medis. Lagipula, tinggal di gunung yang tidak ada sinyal internet selama beberapa malam akan membuat kita terhindar dari mumet akibat gawai telepon genggam.

Faktor Cuaca: Mendukung atau Mengganggu

Cuaca yang sejuk akan membantu tidur. Masih melanjutkan dua tempat di atas, faktor cuaca yang sejuk juga efektif membuat tidur kita lebih berkualitas. Menurut Natalie Dautovich, peneliti dari National Sleep Foundation, temperatur ideal untuk tidur adalah sekitar 15,5 sampai 18 derajat Celcius. Hal ini terutama disebabkan oleh suhu tubuh yang turun saat otak bersiap tidur.

Lebih lanjut, cuaca ekstrim justru akan memicu berbagai masalah psikologis lho! Orang-orang yang tinggal di wilayah dengan iklim yang termasuk intens yakni yang sering badai, dan tornado, misalnya, lebih rentang mengalami gangguan kejiwaan.

Bencana badai disebut dapat menjadi penyebab stress. Selanjutnya, pasca bencana dapat menjadi penyebab utama gangguan psikologis berkepanjangan.

Beberapa tips hidup sehat lain yang penting misalnya, adalah yang berkaitan dengan musim salju. Masalah kesehatan mental yang berkaitan dengan depresi paling sering terjadi pada musim dingin.

Di belahan dunia bagian Barat, musim dingin membuat siang hari lebih pendek dari biasanya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk segera menemui dokter untuk mendiagnosa apakah ada pola rutin sedih, cemas, dan mood yang tidak stabil.

Pilih Panas atau Dingin?

Temperatur udara yang meningkat dapat mempengaruhi kesehatan jantung juga lho! Jika temperatur tinggi dan kamu kurang air putih, kamu juga akan terkena resiko kerusakan otak akibat dehidrasi.

Selain itu, ada juga riset yang menunjukkan bahwa tekanan darah manusia pasti menurun pada saat musim panas. Penjelasan medisnya adalah ketika temperatur menurun, pembuluh darah kamu akan ikut menyempit. Faktor-faktor medis ini tentu saja berpengaruh langsung ke psikologis yang ditandai dengan perubahan labil pada perilaku.

Nah ketika kamu berkemah atau tinggal di tempat yang berudara sejuk, kamu tentu saja akan secara otomatis meningkatkan kesehatan emosional menuju arah yang lebih baik.

Tapi ada juga lho yang kerap luput dari penjelasan tips hidup sehat. Udara sejuk yang menjurus dingin sangatlah berpotensi menyebabkan ngilu di tulang kamu.

Teorinya, karena ada perubahan tekanan udara atau yang disebut barometric pressure pada lingkungan bersuhu dingin. Tekanan udara menurun akan menyebabkan jarungan tubuh mengembang atau membengkak yang kemudian akan berkembang menjadi desakan pada ruang sendi. Inilah yang menyebabkan kamu nyeri.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow