Ingin Membaca Secara Cepat? Ini Dia Teknik Membaca Cepat

teknik-membaca-cepat

Teknik membaca cepat sangat diperlukan di zaman teknologi informasi dan komunikasi yang semakin modern. Kemampuan kita untuk menyerap informasi itu merupakan suatu hal yang harus selalu dikembangkan. Tujuannya terutama karena jika kita tertinggal, maka serbuan informasi akan membuat kita ‘ketinggalan zaman’. Tapi teknik membaca cepat tidak dimiliki oleh semua orang.

Kemampuan ini semakin menjadi keharusan mengingat di masa depan, tren perkembangan teknologi akan semakin menuntut keahlian itu dalam setiap individu. Sebaliknya, orang-orang yang memiliki keahlian ini akan mendapatkan berbagai kesempatan dan peluang yang semakin baik.

Nah pintarian, berikut ini teknik membaca cepat yang bisa kita pelajari:

Teknik Skimming

Skimming adalah membaca secara garis besar (sekilas) untuk mendapatkan gambaran umum isi sebuah naskah. Biasanya, mereka yang melakukan skimming akan melacak informasi detil secara mendalam.

Teknik ini bisa dilakukan dengan dimulai dengan membaca daftar isi, atau kisi-kisi naskah. Setelah itu, perhatikan judul, subjudul, dan ide dasar dari setiap paragraf.

Teknik ini memberikan fungsi yang positif yaitu mengenali topik, mengetahui pendapat, memperoleh bagian penting yang kita butuhkan, dan tentu saja kita bisa memahami alur pikir si penulis. Teknik skimming bisa dikombinasikan atau diubah apabila tidak sesuai dengan karakter pribadi kamu.

Melatih Otot Mata

Cobalah untuk selalu melatih otot mata agar tidak mudah lelah dalam membaca. Cara ini cukup sederhana. Cobalah gerakan bola mata kamu ke berbagai arah, atau memejamkan mata sejenak.

Akan tetapi ketika melatih mata, cobalah untuk konsisten karena ketika kamu berhenti latihan, kemampuan mata kamu akan kembali ke keadaan sebelum latihan.

Pernapasan

Apa hubungan teknik membaca cepat dengan pernapasan? Nah Pintarian harus tahu bahwa tubuh kita akan berfungsi maksimal dengan dukungan oksigen yang cukup.

Apabila aliran oksigen dalam tubuh tidak tersalurkan dengan lancar, segala aktivitas termasuk membaca akan terganggu. Oleh karena itu, mengusahakan agar aliran oksigen lancar bisa memicu kemampuan membaca untuk lebih baik.

Di samping itu, pernapasan kita akan didukung oleh sikap-sikap tubuh kita seperti duduk tegak, luruskan tulang belakang, dan tegakkan kepala ketika membaca. Dengan begitu, usahakan juga untuk ‘berkomunikasi’ dengan si penulis dan ide-idenya dalam tulisan yang kau baca.

Teknik SQ3R

Teknik membaca cepat yang satu ini lebih mudah lagi dan efektif. Kamu cukup merencanakan tahap-tahap. Pertama, cobalah membaca isinya sekilas seperti teknik skimming. Tetapi, cobalah untuk membaca dengan memvisualisasikan isi bacaan. Setelah itu, susun pertanyaan-pertanyaan. Cobalah untuk mempertanyakan apa yang kamu baca.

Kedua, bacalah dengan membuat catatan-catatan kecil yang kamu perlukan untuk memahami isi bacaan. Kemudian lakukan review atas catatan yang kamu buat seperti sedang kuliah di kelas. Dengan begitu, isi utama dalam buku atau teks bisa kamu rangkum sedemikian rupa sehingga kamu mendapatkan gambaran isi secara garis besar.

Nah Pintarian, yuk segera coba praktekkan beberapa teknik membaca cepat di atas perlahan-lahan.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.