Begini Lho, Tanggung Jawab Seorang Supervisor

Tugas Supevisor

Apa sih yang ada di bayangan kamu ketika mendengar kata “Supervisor”? Ada yang membayangkan sebuah pekerjaan yang rutin memberikan arahan, ada juga yang membayangkan atasan di kantor.

Nah apa sih sebenarnya tugas supervisor? Tentu saja tugasnya adalah menjadi acuan supervisi yang berkaitan dengan tugas-tugas dan target pencapaian di perusahaan. Lalu bagaimana kita bisa menilai supervisor yang baik dan yang kurang baik?

Sebenarnya penilaian itu bisa dilakukan dengan beberapa parameter. Pertama, apakah delegasi tugas atau “bimbingan” kepada bawahannya bisa diterima dengan lancar?

Kedua, apakah anak buah bisa menjalankan hasil supervisi sesuai dengan baik tanpa terlalu banyak kekeliruan yang terjadi? Atau ada faktor lain? Berikut ini kita akan coba melihat sebenarnya apa saja tugas supervisor dalam organisasi perusahaan.

Menerangkan Job Desc dengan Baik

Seorang supervisor dituntut memiliki kemampuan menerangkan apa saja yang harus dilakukan oleh anak buahnya. Tentunya bukan sekedar urusan teknis semata karena toh anak buah juga bisa menjalankan tugas sesuai dengan keahliannya.

Akan tetapi, arahan supervisor diperlukan agar anak buah bisa mengerjakan tugas-tugas dengan efektif dan tepat sasaran. Untuk bisa melakukan itu, seorang supervisor harus bisa memahami juga apa yang menjadi tugas-tugas anak buahnya.

Memberikan Pengarahan yang Tepat

Komunikasi menjadi hal penting yang sangat menentukan kelancaran tugas seorang karyawan. Oleh karena itu, supervisor juga dituntut untuk bisa memberikan pengarahan dengan metode komunikasi yang terbaik yang bisa diterima oleh anak buah yang karakteristiknya berbeda-beda. Oleh karena itu supervisor perlu memahami metode komunikasi paling tidak dasar-dasar ilmu komunikasi.

Memberikan Motivasi

Selain memberikan dan menjelaskan beban tugas, supervisor harus juga memberikan motivasi yang positif bagi anak buah agar sanggup melakukan tugas-tugasnya dengan “lepas”.

Hasil kerja yang baik juga akan terlihat ketika seorang karyawan mengerjakan tugas dengan hati yang senang. Untuk itu, supervisor harus selalu sedia menjadi semacam motivator yang mendorong dan mendukung kinerja anak buahnya.

(Baca Juga: Tips menjaga motivasi di tempat kerja)

Mekanisme Kontrol

Seorang supervisor yang baik tentu saja perlu memahami tugas-tugas anak buah. Selain itu, kontrol yang baik juga sangatlah diperlukan agar pekerjaan anak buah bisa tepat sasaran dan tidak menyimpang. Apabila terjadi penyimpangan kerja, kesalahan yang terbesar justru terletak di supervisor karena itu berarti mekanisme kontrol dalam pekerjaan tidak berjalan dengan baik.

Menjadi Orang Pertama yang Berusaha Menyelesaikan Masalah

Setiap perusahaan pasti menghadapi masalah-masalahnya sendiri. Mekanisme dalam menyelesaikan masalah harus ada dan harus dibuat se-efisien mungkin. Nah orang pertama yang harus berusaha menyelesaikan masalah sebelum dibawa ke Manager adalah supervisor.

Tugas supervisor yang satu ini cukup berat karena harus memahami seluk-beluk masalah, harus tahu tugas pokok dan fungsi serta sumber dari masalah yang terjadi.

Nah Pintarian, apakah kamu sudah siap jadi supervisor? Seiring perkembangan karier kamu yang semakin maju, hal-hal berkaitan dengan tugas supervisor wajib dipahami lho!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow