Ini Dia Skill yang Wajib Dimiliki Calon Pemimpin

Skill pemimpin

Sebagai manusia, kita pasti akan menjadi pimpinan. Entah pimpinan di tempat kerja, ataupun di kelas atau bahkan di keluarga yang kita bangun sendiri. Untuk bisa memimpin, kamu perlu tahu skill pemimpin yang utama.

Setiap aspek kehidupan kita juga harus dipikirkan agar tidak gagal dalam menjalankan peran sebagai pimpinan. Nah, khusus untuk menjadi pimpinan di tempat kerja, calon-calon pimpinan harus mempunyai skill pemimpin dasar seperti berikut ini:

Kemampuan Negosiasi yang Baik

Ketika berada di lingkungan kerja, kamu akan akrab dengan negosiasi baik secara internal maupun secara eksternal dengan pihak lain di luar perusahaan. Negosiasi sangat berguna terutama untuk menjaga agar kepentingan perusahaan tidak terganggu oleh pihak luar yang berusaha mencari keuntungan dengan mengorbankan kepentingan perusahaan kita.

Misalnya saja, kamu adalah seorang pimpinan bagian Marketing. Kamu harus bisa bernegosiasi dengan pihak lain soal iklan, soal image perusahaan, dan soal strategi mengiklan yang baik agar keuntungan yang diraih perusahaan kamu bisa dikontrol dengan maksimal.

Di bagian internal, negosiasi dengan teman sekerja dalam tim juga perlu diatur. Kamu harus bisa mengakomodasi kepentingan individu mereka dan kepentingan perusahaan yang berupa tuntutan-tuntutan kerja. Apabila terjadi ketidakseimbangan antara kepentingan itu, bukan tidak mungkin kinerja tim kamu akan berantakan.

Baca juga:
Begini Lho Tanggung Jawab Seorang Supervisor
Begini Caranya Menjalin Hubungan Baik dan Cara Berbicara dengan Atasan

Kemampuan Mendengar yang Baik

Kamu harus bisa mendengar dengan baik! Ini salah satu skill pemimpin yang tak bisa ditawar lagi! Kalau kamu bisa mendengar keluhan, masukan, opini, atau bahkan curhat dari teman sekerja, atau anak buah, kamu akan mempunyai nilai lebih sebagai pimpinan.

Sebaliknya, jika kamu tidak bisa mendengar, kamu tidak akan bisa bekerja maksimal secara individu maupun dalam tim. Skill pemimpin yang satu ini hukumnya wajib lho!

Cobalah berlatih untuk selalu mendengar dan memahami apa yang disampaikan oleh anak buah atau teman kamu dalam tim. Pahami baik-baik apa inti pesannya lalu olah sedemikian rupa hingga kamu bisa menyampaikannya lagi atau bahkan memberi pandangan lain. Skill pemimpin yang satu ini akan memberikan kamu keuntungan yang tak terduga lho!

Tegas Sekaligus Bijaksana

Jika kamu tidak bisa menerima masukan dari orang sekitar kamu, cobalah untuk memahaminya terlebih dahulu. Jangan pernah menolak ide orang langsung tanpa merunut jalan pikirnya. Cobalah untuk memahami kenapa orang sampai memiliki ide seperti itu.

Ide biasanya keluar dari pikiran orang, sehingga memahami jalan pikir orang adalah kewajiban yang harus dilakukan sebelum menilai idenya bisa dilakukan dan berdampak positif atau negatif terhadap perusahaan.

Inilah yang dimaksud dengan tegas sekaligus bijaksana. Kamu bisa menilai dengan baik, dan bisa menyikapi masukan atau argumen orang lain dengan bijak.

Baca juga: Pentingnya Skill Komunikasi yang Efektiv di Lingkungan Kerja

Skill pemimpin yang satu ini menjadikan kamu bisa dihormati dan dihargai sebagai pimpinan. Bagi mereka yang mencari kerja, pemimpin yang bijaksana juga menjadi pertimbangan sekaligus daya tarik lho!

Nah, Pintarian, tiga jurus di atas adalah jurus jitu untuk membantu kamu meraih target-target perusahaan sekaligus menciptakan suasana kondusif ketika bekerja. Cobalah untuk selalu memikirkan kepentingan orang lain, kepentingan perusahaan, dan kepentingan rekan kerja di atas kepentingan individu sendiri. Dengan cara itulah kamu bisa menjadi pemimpin yang baik dan sukses.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.