Mau Jadi SEO Specialist? Ini Skill yang Harus Kamu Punya!

SEO Specialist

Apakah kamu memiliki website baik usaha ataupun jasa, atau bahkan website pribadi? Jika kamu menginginkan banyak pengunjung yang datang website kamu, diperlukan cara-cara tertentu lho. Salah satunya dengan mengoptimalkan SEO yang biasanya dilakukan oleh seorang SEO Specialist. Apa sih sebenarnya tugas dan jenis pekerjaan yang biasa dilakukan oleh seorang SEO Specialist?

Sederhananya, mereka ini merupakan orang-orang yang bertanggung jawab untuk memastikan mesin pencari bisa mendeteksi atau mengenali produk barang atau jasa yang kamu tawarkan. Dalam dunia digital, cara ini termasuk dalam strategi marketing yang efektif dalam menjangkau publik seluas-luasnya.

SEO adalah teknik yang harus kamu kuasai sebagai pemilik website untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Karena terkesan rumit, pemula biasanya agak takut untuk memulai karier dan belajar soal seluk beluk dunia SEO.

Nah untuk jadi SEO Specialist, kamu tidak hanya bisa dipelajari lewat kuliah sampai. Cukup hal-hal ini yang harus kamu miliki dan kuasai.

Riset Kata Kunci dan Analisa Kompetisi

Para pengguna internet kan senantiasa melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci atau keyword, dan mesin akan memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci yang sudah ditetapkan itu. Nah, dengan bantuan dari Google dan tools yang tersedia, kita bisa melakukan riset untuk meraih kata kunci yang populer atau yang kompetisinya rendah.

Selain itu, untuk blog atau website baru yang belum kuat secara SEO, diperlukan prioritas kompetisi rendah agar bisa tetap muncul di halaman-halaman awal.

Link Building

Backlink merupakan salah satu faktor utama dalam meng-optimalkan SEO. yang dimaksud dengan Link Building adalah cara atau strategi untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website kamu.

Masalahnya, tidak semua backlink bisa memberikan pengaruh positif kepada website kamu lho! Bisa jadi, backlink yang kamu gunakan justru berdampak buruk. Oleh karena itu, tantangan bagi para SEO specialist adalah bagaimana membangun backlink menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi perusahaan.

Konsep On-Page SEO

Salah satu konsep paling penting dalam SEO adalah optimasi On-page. Intinya, kamu akan mengoptimasi website kamu agar bermanfaat bagi pengunjung, memudahkan mesin pencari untuk memahami struktur website kamu, menjaga agar pengunjung betah di dalam website kamu, serta membuat eksplorasi jadi mudah (User friendly).

Hebatnya, teknologi sudah memungkinkan bagi mesin pencari untuk mendeteksi apakah pengunjung website kamu senang ketika mengunjungi. Tugas seorang SEO specialist kemudian adalah menjaga agar mesin pencari benar-benar memberi nilai positif kepada website kamu.

Jangan lupa juga bahwa Google bisa saja sewaktu-waktu mengubah algoritmanya demi menyesuaikan dengan zaman. Tugas SEO specialist tentu saja memahami terus menerus update yang dikeluarkan oleh Google. Apakah kamu siap menjadi seorang SEO specialist?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow