Pentingkah Memiliki IPK yang Tinggi? Begini Penjelasannya

Sepenting Apa IPK Tinggi?

Cara mendapatkan IPK tinggi seringkali mengganggu pikiran kita sebagai mahasiswa. Banyak teman-teman kita yang bisa saja menghalalkan banyak langkah dan cara mendapatkan IPK tinggi.

Sebaliknya, banyak juga yang sama sekali tidak mementingkan IPK tinggi. Memangnya sepenting apa IPK tinggi sih? Berikut ini Pintaria mau mengajak kamu merenungkan beberapa poin pentingnya.

Skill dan Ilmu yang Diserap dan Diterapkan Jauh Lebih Penting Ketimbang IPK

IPK yang tinggi bukanlah jaminan bahwa seorang mahasiswa telah benar-benar menguasai ilmunya. Cara mendapatkan IPK tinggi yang sangat beragam merupakan alasan kenapa banyak sekali mahasiswa yang bagus nilainya namun tidak benar-benar paham apa yang menjadi bidang studinya. Hal ini sering kamu temui di kampus. 

Oleh karena itu, janganlah terpaku pada nilai IPK yang tinggi. Tapi cobalah untuk kenal lebih dekat dengan sesama mahasiswa baru kamu bisa tahu apakah dia benar-benar menguasai ilmunya. Apabila tolak ukuran kamu dalam menilai seseorang hanya dari IPK, maka kemungkinan besar kamu akan tertipu. Bisa jadi, mereka yang IPK nya jelek justru punya skill yang lebih beragam lho!

Baca juga: Tambah Skill Kamu dengan Mengambil Kelas Kursus Online

IPK Tidak Berkaitan Langsung dengan Kualitas Pekerjaan yang Dihasilkan

Jangan pernah menganggap IPK tinggi berbanding lurus dengan kualitas hasil kerja seseorang. Kamu akan langsung tertipu karena IPK dan hasil kerja seringkali merupakan dua hal yang justru bertolak-belakang.

Mereka yang punya pengalaman kerja banyak dan mempelajari ilmu-ilmu di luar buku teks umumnya  lebih berani dalam mengambil keputusan. Untuk hal-hal ataupun keputusan yang berkaitan dengan kerja juga begitu. Mereka akan cenderung berpikir dengan perspektif yang lebih beragam.

IPK yang Tinggi Bisa Jadi Modal Awal di Dunia Kerja

Perusahaan tentu saja membutuhkan data resmi untuk menilai riwayat pendidikan seseorang. Apabila kamu memiliki IPK yang nilainya tinggi, kamu akan cenderung dianggap “berkualitas”. Hal ini tentu saja disebabkan oleh kenyataan bahwa kampus masih mengukur keberhasilan akademik mahasiswanya lewat IPK.

Gak Cuma Perusahaan, Kampus juga Menilai lewat IPK

Maksudnya adalah, kampus yang akan menerima kamu di jenjang studi berikutnya tentu akan memiliki persyaratan dalam proses penerimaannya. Kebayang kan apa yang akan dinilai oleh kampus ketika memutuskan untuk menerima kamu di jenjang S2 nya?

Selain itu, kampus biasanya berupaya memberikan kualitas pengajaran yang baik sehingga bisa memberikan ruang kesempatan bagi mahasiswanya untuk meraih nilai IPK tinggi.

Cara Mendapatkan IPK Tinggi Kadang Tidak Baik

Karena obsesi untuk meraih nilai setinggi mungkin, banyak mahasiswa sampai sengaja menyuap ataupun melakukan kecurangan lain. Setiap kali kecurangan dilakukan, maka kualitas pendidikan langsung turun.

Ilmu yang berupaya diberikan biasanya tidak akan maksimal. Oleh karena itu, cara mendapatkan IPK tinggi yang sangat bersih dari kecurangan adalah melalui kuliah dengan metode blended learning yang ditawarkan oleh Pintaria.

Kamu akan merasakan sendiri bahwa IPK yang kamu dapat kan justru lebih banyak mencerminkan pemahaman kamu akan ilmu dan materi ajar yang diberikan. Nah cara mendapatkan IPK tinggi yang satu ini bisa jadi solusi modern.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow