Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Hukum Nantinya

Prospek kerja hukum

Gaji besar dan status sosial yang dihormati! Itulah yang biasanya menjadi godaan buat kamu ketika memilih kuliah jurusan Hukum. Prospek kerja lulusan hukum memang sangat menjanjikan.

Di era modern, banyak sekali perusahaan baik yang baru maupun yang sudah lama berdiri selalu saja memerlukan jasa mereka yang berprofesi di bidang Hukum. Akan tetapi, tidak banyak dari kita yang tahu bahwa prospek kerja lulusan Hukum tak terbatas pada Pengacara dan Kuasa Hukum perusahaan atau individual saja.

Nah, berikut ini kita akan coba melihat apa saja kemungkinan prospek kerja lulusan hukum yang bisa kamu tekuni. Siapa tahu ini passion kamu!

Baca juga: Tentukan Passion untuk Masa Depan Kariermu!

Staf Legal

Bagi kamu yang belum terbiasa dengan profesi yang satu ini, mungkin ada baiknya kamu cari tahu lebih lanjut. Staf legal berperan cukup sentral dalam setiap perusahaan. Hampir semua perusahaan yang berencana berekspansi, atau sekedar mengamankan status bisnisnya pasti perlu staf legal.

Posisi pekerjaan staf legal memang terbukti semakin dibutuhkan di banyak perusahaan. Tak peduli perusahaan jenis apapun misalnya bank, properti, bahkan hingga rumah sakit lho!

Seorang sarjana Hukum punya kesempatan sangat besar untuk bekerja sebagai staf legal karena menguasai ilmu mengenai aset perusahaan, surat perjanjian kerja, dan praktis semua berkas penting lainnya. Salah satu keuntungan bekerja sebagai staf legal adalah kamu akan berkesempatan untuk masuk ke berbagai sektor bisnis.

Notaris

Profesi Notaris tidak asing lagi di masyarakat. Untuk menjadi seorang notaris, kamu harus kuliah sampai S2 lho! Tapi apa sih sebenarnya yang dikerjakan oleh notaris? Notaris mengurus surat-surat resmi dan legalitas dari segala properti seperti surat rumah, akta tanah, akta pemilikkan properti dan perusahaan dan lain-lain.

Profesi ini banyak sekali diminati oleh para sarjana Hukum karena menjanjikan lahan pekerjaan yang hampir tak ada habisnya. Selain itu juga, pekerjaan notaris bisa dilakukan in house di perusahaan, atau bisa juga kamu buka layanan jasa kenotariatan di rumah. 

Konsultan Hukum

Terdengar sama namun sedikit berbeda dengan staf legal di kantor, seorang konsultan Hukum biasanya bekerja di lembaga tertentu. Keperluan utamanya adalah mengaplikasikan ilmu kamu untuk memeriksa, melakukan review, memberikan saran dan masukan, serta menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam persidangan.

Jasa kamu sebagai konsultan Hukum akan sangat penting di perusahaan yang berencana melakukan investasi, ekspansi, ataupun kerjasama dengan pihak lain. 

Pengacara

Pernah mendengar nama O.C. Kaligis atau Hotman Paris Hutapea? Nah kalau kamu pernah mendengar nama-nama besar itu, artinya kamu setidaknya pernah berhubungan dengan profesi pengacara. Prospek kerja lulusan Hukum berikutnya ini adalah pengacara.

Walaupun secara tidak langsung, profesi pengacara merupakan profesi yang paling akrab di telinga dan kehidupan kita sehari-hari. Baik di televisi ataupun di meja persidangan, profesi ini punya peran penting. Selain itu, gaji pengacara pemula bahkan ada yang mencapai 20 juta lho! Tertarik? 

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.