Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Data Science?

data-science

Di era kemajuan teknologi, pasti banyak yang sudah mendengar tentang bidang ilmu data science. Bidang ilmu yang satu ini banyak dianggap sebagai bidang ilmu paling menarik di awal abad ke-21.  Bagaimana tidak, karena yang bekerja dalam bidang ini diharuskan memiliki keahlian menganalisa sebuah data dalam suatu sistem.

Bagi yang belum pernah mendengar, profesi di bidang data science cukup bervariasi dan umumnya sangat diperlukan di industri masa depan. Dianggap sebagai orang yang bekerja mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi, sebetulnya Seperti apa sih profesi dan prospek kerja mereka yang lulusan data science?

Profesi Utama dalam Bidang Data Science

Bidang data science memiliki prospek kerja dengan lulusan yang menuntut kamu memiliki keahlian tertentu seperti analisa, komunikasi, berpikir kritis, dan jeli dalam melihat detil data dari sebuah sistem. Dengan kata lain, pekerjaan di bidang ini bisa dikerjakan oleh mereka yang punya perhatian atau passion mendalam terhadap big data.

Dengan berbagai variasi prospek pekerjaan di bidang ini, tak heran jika bidang data science banyak dicari oleh mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Di masa depan, bidang ilmu ini akan terus berkembang dan menuntut begitu banyak tenaga kerja profesional yang sangat penting bagi setiap perusahaan.

Secara umum, ada tiga profesi utama dalam bidang ilmu data science, yaitu data scientist, data engineer dan data analyst.

Data Scientist

Profesi data scientist ini adalah mereka yang benar-benar mengolah data mentah menjadi data yang sanggup memberikan masukan penting dalam kelancaran kinerja sebuah perusahaan.

Seorang data scientist mengkombinasikan bidang ilmu komputer dengan ilmu statistik dengan baik sehingga dapat mengolah data-data secara terstruktur seperti data keuangan atau demografi, sekaligus mengolah data yang tak terstruktur seperti email, video, foto, media sosial, dan konten lainnya.

Data Engineer

Profesi lainnya dalam bidang data science adalah data engineer. Orang yang mengambil peran ini dalam sebuah perusahaan akan bertanggung jawab dalam menyiapkan infrastruktur ‘big data’ untuk dianalisa oleh data scientist.

Pekerjaan seorang data engineer ini akan dibantu oleh berbagai software pendukung yang merancang, menggabungkan, dan mengintegrasikan big data dari berbagai macam sumber. 

Segala aktivitas tersebut dimaksudkan agar perusahaan bisa mendapatkan pelayanan yang optimal dalam kemudahan mengakses data dalam sebuah ekosistem besar yang dibangun secara khusus.

Seorang data engineer perlu memiliki skills seperti Hadoop, MapReduce, Hive, Pig, Data streaming, NoSQL, SQL, dan tentu saja programming.

Data Analyst

Profesi inilah yang melakukan transfer informasi dari angka-angka dan simbol menjadi bahasa yang mudah dipahami pihak lain dalam internal perusahaan. Tujuan untuk profesi ini dalam bidang data science adalah untuk memberikan saran-saran bagi setiap pengambilan keputusan sebuah perusahaan.

Ada beberapa tipe profesi data analyst seperti Operations Analyst, Marketing Analyst, Financial Analyst dan lain-lain. Untuk menjadi seorang data analyst, biasanya mereka punya latar belakang pendidikan matematika, statistik, ilmu komputer, atau ilmu lain yang terkait.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow