Ingin Jadi Arsitek? Ini Dia Pekerjaan yang Kamu Kerjakan Nantinya!

prospek-kerja-arsitektur

Bidang kerja arsitek jauh lebih luas dari anggapan orang yang hanya sebatas pembuat rancang bangun. Prospek kerja arsitektur saat ini juga bervariasi. Selain itu, profesi ini memerlukan berbagai kemampuan lainnya termasuk keahlian menggambar dan tentunya membuat rancang bangun.

Prospek kerja arsitektur yang paling umum adalah menjadi seorang yang bisa menerjemahkan keinginan atau kebutuhan klien menjadi suatu bentuk visual berupa desain bangunan secara detail. Oleh karena itu, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik juga mutlak diperlukan untuk para arsitek.

Desain Industri

Jenis pekerjaan arsitek yang satu ini menekankan konsentrasi pada tipe bangunan industri. Yang dimaksud dengan bangunan industri adalah bangunan berskala besar ataupun kecil namun terintegrasi dengan proses kerja pada tahapan berikutnya yaitu produksi barang materi.

Bangunan industri yang dimaksudkan disini seperti instalasi pembangkit listrik, pembangunan pabrik, bendungan, jembatan, dan beberapa bangunan yang berfungsi dalam infrastruktur secara umum.

Desain Hunian

Prospek kerja arsitektur berikutnya adalah arsitek desain hunian. Arsitek ini mengkhususkan dirinya menggarap pasar dengan tipe hunian. Mereka yang bergerak di bidang ini membuat rancang bangunan hunian yang sesuai dengan harapan klien.

Tingkat kerumitan struktur dan desain yang sestetis sekaligus fungsional menjadi tantangan bagi arsitek desain hunian. Tidak jarang, setelah berhasil memberikan rancang bangun yang baik, nilai emosional dan kecintaan pada desain bisa terpancar dari karya yang dihasilkan.

Desain Lanskap

Arsitek lanskap adalah salah satu prospek kerja arsitektur yang paling banyak dicari. Di era modern seperti sekarang ini, keterbatasan ruang terbuka hijau memang menjadi sebuah masalah yang harus dicari jalan keluarnya. Termasuk untuk menata ulang perkotaaan dan fasilitas umum.

Arsitek yang menggeluti bidang lanskap ini bekerja dengan koordinasi yang baik dengan Dinas Tata Kota. Mereka mempelajari ilmu teknis mengenai aspek pertamanan dan manajemen pertamanan.

Desain Bangunan Hijau

Selain desain lanskap, kerja-desain bangunan hijau juga merupakan bidang yang laris di industri arsitektur saat ini. Arsitektur hijau sangat erat berkaitan dengan isu-isu pemanasan global dan polusi udara. Mereka yang menggeluti bidang ini harus mempelajari juga isu mengenai lingkungan hidup dan membantu klien menerapkan fitur ramah lingkungan ke dalam desain bangunan mereka.

Demikianlah beberapa prospek kerja arsitektur yang bisa kamu dicoba. Karier di bidang arsitekur ini tidak pernah lesu karena tiap zaman pasti akan memerlukan pembangunan fisik yang sesuai dengan isu-isu yang berkembang yang sedang menjadi tren. Bagaimana, tertarik untuk menjadi arsitek?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.