Pinjam Uang Untuk Buka Usaha? Perhatikan Hal Ini!

pinjaman-dana-tunai

Jika suka naik kendaraan umum seperti angkot, kamu akan menemukan berbagai macam iklan pinjaman dana tunai mulai dari tanpa bunga, tanpa batas yang ketat, atau godaan untuk kerja freelance atau buka usaha sendiri.

Pernahkah terbayangkan oleh kamu untuk berhenti menjadi pegawai kantor dan mulai membuka usaha sendiri? Perlu kamu siapkan segala yang dibutuhkan seperti modal, konsep usaha, cashflow dan lain-lain. Kamu akan berhadapan dengan perizinan dan legalitas usaha juga lho!

Perlu diingat, pinjaman dana tunai untuk buka usaha merupakan penolong sekaligus beban lho, pintarian! Hal-hal apa lagi ya yang besar pengaruhnya dalam membuka usaha kamu sendiri? Coba deh perhatikan hal-hal berikut ketika kamu akan buka usaha!

Ketahui skala usaha yang akan kamu jalankan

Pertama ketahui terlebih dahulu skala usaha yang akan jalankan. Memahami skala usaha akan membuat kamu punya gambaran dan bisa menentukan berapa kisaran modal yang dibutuhkan. Untuk usaha dengan skala rumah tangga, maka modal yang dibutuhkan pasti hanya jutaan rupiah karena kamu bisa memanfaatkan perabotan yang ada di rumah.

Tapi jika usahanya memiliki skala besar seperti akan membuka restoran atau kafe, maka sudah pasti dana yang dibutuhkan akan bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan lebih.

Buat perencanaan bisnis

Meskipun misalnya kamu tidak memiliki latar belakang keuangan, perencanaan bisnis yang sederhana tetap wajib dibuat. Hal ini berfungsi untuk memastikan cicilan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dapat dilunasi setiap bulan dari omzet bisnis kamu.

Contoh kasus berikut ini bisa dijadikan pelajaran; kalau dalam perencanaan kamu pemasukan mencapai Rp 10 juta per bulan dan biaya operasional mencapai Rp 6 juta per bulan, pastikan KTA yang Anda ajukan nanti memiliki cicilan di bawah Rp 4 juta per bulan.

Dengan demikian, perencanaan bisnis yang baik akan menyelamatkan kamu dari kemungkinan tidak bisa melunasi cicilan tetap per bulan dari KTA dan ini tidak akan menyusahkan kamu di kemudian hari.

Pastikan dana yang Anda pinjam pas sesuai kebutuhan

Meminjam uang berarti mengambil tanggung jawab untuk mengembalikan sesuai dengan perjanjian. Pastikanlah dana yang kamu pinjam itu sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu berlebihan atau kekurangan. Untuk itu diperlukan perencanaan yang sangat matang. Janganlah meminjam dana tunai dengan tergesa-gesa! Pastikan dulu semuanya tepat guna.

Kalau kamu meminjam dengan jumlah asal, maka bisa-bisa kamu harus membayar biaya bunga yang lebih tinggi. Itulah gunanya kamu harus mempunyai perencanaan bisnis yang matang.

Tabungan cadangan

Di mana-mana, ketika memulai sebuah usaha, ada kemungkinan di awal-awal pemasukan kamu masih minim atau malah merugi. Kalau sudah begini, bisa-bisa kamu tidak bisa melunasi cicilan bulanan KTA. Nah, cara mengatasinya adalah dengan memiliki tabungan persiapan untuk membayar cicilan beberapa bulan pertama KTA untuk berjaga-jaga.

Nah pintarian, Sudah mempertimbangkan pinjaman dana tunai untuk buka usaha mandiri?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow