Ingin Dapat Beasiswa ke Luar Negeri? Kamu Harus Lulus Persyaratan Ini!

Beasiswa ke luar negeri

Siapa sih yang gak mau beasiswa ke luar negeri? Setiap orang yang punya rencana lanjut kuliah baik S1 atau S2, terutama yang mau kuliah di luar negeri pasti berpikir untuk mencari beasiswa. Nah, tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan sumber pendanaan yang benar dalam berkuliah di luar negeri lho! Jika kamu benar-benar berniat untuk kuliah, pasti mencari beasiswa menjadi agenda penting dalam proses mendaftarnya.

Beasiswa ke luar negeri banyak ditawarkan oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga pendidikan swasta. Kalau kamu tekun, pasti kamu bisa menemukan tawaran beasiswa dengan persyaratan tertentu. Tantangannya adalah bagaimana kamu menyiapkan proposal pengajuan dan memenuhi persyaratan yang dibebankan.

Syarat Bukan Bersifat Membebani Namun Menguji

Persyaratan yang seringkali berat tidaklah merupakan sarana untuk membebani kamu untuk tidak berkuliah di luar negeri. Persyaratan itu selain untuk memenuhi administrasi juga menjadi tantangan bagi kamu dalam menjalani periode kuliah nantinya. Ingat, untuk bisa berhasil di kampus-kampus luar negeri, selain harus beradaptasi, kamu juga harus bisa mengurus diri sendiri.

Nah dimulailah dengan mengurus sendiri berbagai persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar kuliah. Dari situ juga sebetulnya kamu mulai belajar untuk dewasa dan menghadapi berbagai permasalahan dalam hidup.

Jika akhirnya kamu berhasil memenuhi segala persyaratan untuk mendaftar kuliah dan beasiswa ke luar negeri, setidaknya kamu sudah membuktikan bahwa kamu layak untuk menjadi dewasa dan mengurus diri sendiri.

Persyaratan Beasiswa ke Luar Negeri Bukan Cuma Administrasi Lho!

Nah kamu harus ingat nih, yang dimaksud dengan persyaratan itu bukan cuma urusan administrasi saja. Yang lebih penting justru adalah persyaratan mental dan teknis. Kamu harus siap meninggalkan keluarga untuk kuliah dan berkomitmen untuk hidup di luar negeri secara mandiri.

Kamu dituntut untuk selalu bisa mengatasi permasalahan kamu sendiri. Harus diingat bahwa di setiap negara, pasti ada permasalahan yang berbeda dan tidak bisa disamakan dengan negara kamu.

Dari sisi teknis, tentu kendala bahasa akan menimbulkan tantangan sendiri. Apakah negara tujuan kamu berbahasa Inggris atau kamu dituntut untuk menguasai bahasa lainnya?

Kalau kamu berkuliah di Korea, misalnya, kamu tentu harus tahu minimal sedikit bahasa Korea. Cobalah ikutan kursus bahasa yang diadakan di lembaga pelatihan bahasa atau lembaga lain yang menyediakan.

Tujuan utama kursus tentu bukan sertifikat kelulusan namun untuk diri kamu sendiri agar bisa membaur dengan masyarakat di negara tujuan kamu, walaupun misalnya kuliah kamu diselenggarakan dengan bahasa Inggris.

Setelah Semua Persiapan Selesai, Jangan Lupa Berdoa!

Pentingnya persiapan spiritual adalah agar kamu benar-benar merasa yakin untuk kuliah di luar negeri dengan segala resikonya. Cobalah berdoa untuk menenangkan pikiran dan menimbang ulang apakah kamu benar-benar sudah siap dan sudah menyiapkan segala keperluan kamu selama durasi kuliah nanti?

Persiapan ini terkesan sederhana, namun kamu harus bisa melakukannya dengan hati yang tenang dan pikiran fokus. Singkirkanlah segala gangguan lain dan fokus dengan tujuan kamu sendiri!

Nah Pintarian, sudah siap untuk mengambil beasiswa ke luar negeri? Yuk berburu beasiswa dan kejar cita-cita setinggi langit!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow