Ingin Melamar Kerja? Ini Dia Hal-hal yang Harus Dipersiapkan!

peluang-kerja

Setelah lulus kuliah, kebanyakan dari kita dihadapkan pada banyak pilihan. Dua pilihan yang paling kuat biasanya memilih melanjutkan studi formal, atau bekerja membangun karier.

Menemukan peluang kerja bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak sekali orang yang terpaksa meninggalkan CV yang sudah dipersiapkan secara matang untuk bekerja di bidang yang sama sekali jauh dari ekspektasi dan latar belakang pendidikannya.

Meski begitu, peluang kerja selalu terbuka bagi siapa saja yang punya keinginan besar untuk mendapatkannya. Nah untuk kamu yang ingin mendapatkan peluang kerja yang terbaik, berikut ini beberapa langkah yang bisa sangat berguna.

Terus Asah Kemampuan

Kesempatan tidak datang setiap hari. Yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Jika kamu mempunyai cita-cita, yang perlu dilakukan tentu saja mengejarnya dengan cara-cara yang tepat.

Misalnya kamu ingin menjadi seorang penulis yang hebat, pastinya kamu harus banyak membaca buku, membiasakan menulis dan menyunting naskah.

Saat ini peluang kerja dalam bidang tulis-menulis sangat dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Semakin berkembangnya teknologi saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan seorang Copywriter yang handal untuk menulis company profil hingga produk-produk mereka dengan baik, benar dan menarik.

Memperbanyak Pengalaman

Salah satu pertimbangan penting bagi perusahaan startup maupun perusahaan besar adalah adanya pengalaman yang mendukung. Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki, maka semakin tinggi pula nilai kamu di mata mereka.

Bahkan kamu akan menjadi seseorang yang dicari oleh banyak perusahaan ternama jika kamu memiliki pengalaman yang cukup banyak disertai kemampuan kamu yang dibutuhkan perusahaan.

Pengalaman yang dicari juga merupakan pengalaman yang relevan dengan bidang kerja di perusahaan. Jika kamu ingin menangkap peluang kerja di bidang IT, tentu kamu perlu pengalaman di bidang IT juga.

Buatlah CV Kamu Sebaik Mungkin

Dokumen pendukung harus kamu persiapkan dengan sebaik mungkin. Jika kamu sudah punya pendidikan, keahlian, dan pengalaman, hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah dokumen pelengkap, terutama CV kamu. Cobalah untuk mencari referensi CV yang baik dan menarik. Kamu akan mempunyai nilai lebih ketika datang dengan dokumen CV yang bagus dan menarik.

Di beberapa situs, kamu bisa mengakses berbagai tips menarik mengenai bagaimana membuat CV yang menarik sehingga perusahaan bisa diyakinkan untuk menerima kamu. Bukan tidak mungkin jika peluang kerja di perusahaan tersebut akan terbuka untuk kamu.

Survey Kecil-kecilan

Sebelum benar-benar yakin untuk meng-apply surat lamaran dan CV kamu ke satu perusahaan, ada baiknya kamu melakukan riset atau survei kecil-kecilan tentang perusahaan tersebut. Pelajari dengan detail bagaimana lingkungan kerja di perusahaan tersebut, dan jenjang karier yang ditawarkan, sampai besar gaji yang akan diberikan.

Kini kamu bisa mendapatkan informasi seputar itu dengan mengakses berbagai situs perusahaan karena hampir seluruh perusahaan di era digital mempunyai website company profile. Di situs tersebut biasanya tersedia profil perusahaan yang cukup lengkap.

Nah, dari riset ini kamu bisa membuat keputusan apakah perusahaan tersebut bagus dan cocok untuk kamu lamar atau tidak.

Berbagai peluang kerja juga bisa kamu cari di situs-situs pencari kerja lho. Terkadang semua dokumen tidak perlu kamu cetak, melainkan cukup dikirimkan melalui surel secara digital. Dengan berbagai kemudahan itu, yuk cermati peluang kerja yang cocok untuk kamu!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.7k Followers
Follow