Ingin Lanjut Kuliah S2? Hal-hal Ini yang Harus Dipersiapkan!

Kuliah S2

Pasti kamu pernah berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Sejak kecil, misalnya, kamu akan diajarkan untuk terus sekolah hingga setinggi-tingginya. Nah ketika sudah jadi sarjana, apa sih yang kamu cita-citakan selain bekerja membangun karier? Tentu kuliah lagi kan, Pintarian? Meski banyak tawaran mulai dari kuliah S2 Online sampai kuliah di negara lain, semua bisa kamu pertimbangkan.

Tapi apa sih yang perlu kamu persiapkan untuk lanjut kuliah S2?

Tentukan Tujuan Awal

Apakah kamu ingin lanjut kuliah S2 untuk meningkatkan karier? Atau kamu ingin menambah ilmu dan membuka kesempatan untuk berkarya dengan lebih baik? Atau kedua-duanya?

Nah apabila kamu sudah pasang target sejak awal, kamu akan bisa menuntut diri sendiri untuk selalu berdedikasi menjalani hari-hari kuliah yang mungkin akan menyita banyak sekali waktu dan tenaga.

Mental

Sebelum memulai semuanya, mental kamu perlu siap dan semangat. Ingat lho, kuliah S2 itu meskipun lebih cepat durasinya, namun tantangannya sama berat atau bahkan lebih dari kuliah S1. kamu bisa saja gagal di tengah jalan seandainya mental kamu kurang siap.

Sebenarnya ada dua nasihat yang sering kita dengar ketika orang tahu kita ingin kuliah S2. Pertama, kita disarankan untuk kerja dulu sebelum kuliah lanjutan. Kedua, cobalah untuk langsung kuliah S2 setelah lulus S1 dan jika kesempatannya telah tiba.

Hal ini berkaitan juga dengan tujuan awal yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Mental kamu akan mendukung tercapainya tujuan awal kamu dalam menjalani hari-hari S2 kamu.

Administrasi

Setelah urusan mental sudah disiapkan, administrasi adalah hal berikutnya yang tak kalah penting. Terkadang, urusan ini justru jadi yang utama lho! Kamu bisa mulai dari menyiapkan ijazah terakhir kamu. Kumpulkan segala berkas yang jadi persyaratan untuk mendaftar ya! Walaupun kamu memutuskan untuk kuliah S2 Online, dokumen administrasi ini tetap perlu dipersiapkan.

Nah, kalau kamu mau kuliah S2 di luar negeri, biasanya persyaratan administrasi ini lebih banyak lagi yang harus disiapkan karena kamu perlu menyesuaikan dengan regulasi di kampus negara lain itu.

Tes Akademik dan Bahasa

Kamu wajib mengetahui seberapa siap kamu dalam melanjutkan pendidikan. Tes potensi akademik bukan semata-mata untuk mencari seberapa tinggi tingkat IG kamu, melainkan untuk melihat apakah kamu benar-benar siap dalam melanjutkan jenjang pendidikan atau perlu ada persiapan tambahan. Kamu juga akan terpaksa mengikuti tes bahasa seandainya kamu kuliah di kampus luar negeri baik kuliah S2 online maupun offline.

Dari semua hal yang perlu kamu siapkan, yang pasti harus kamu pikirkan juga adalah masalah pembiayaan. Bagaimana kamu nanti akan membayar biaya kuliah?

Apakah kamu akan membayar sendiri atau ada beasiswa yang akan mendukung kamu selama kuliah? Hal-hal ini harus menjadi bahan pikiran kamu ketika memutuskan untuk lanjut kuliah.

Nah, Pintarian, sudah siap kuliah lagi?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow