Mahasiswa Baru? Ini Dia Persiapan Kuliah Jurusan Data Science!

Kuliah Jurusan Data Science
Source: Pexels

Dunia teknologi memang berkembang sangat pesat dewasa ini, kecanggihannya digunakan hampir di setiap lini kehidupan masyarakat. Seiring dengan perkembangannya, dunia kerja saat ini banyak yang membutuhkan orang-orang ahli bidang ini.

Ada banyak jenis profesi yang membutuhkan keahlian teknologi, karenanya tidak heran jika jurusan yang berhubungan dengan teknologi amat digemari calon mahasiswa.

Data Science merupakan salah satu profesi yang kini booming dan menjadi incaran para pengusaha, keahlian bidang ini bisa didapat dengan mengikuti kuliah jurusan Data Science yang ada di universitas (biasanya masuk kategori jurusan teknik informatika, sistem informasi, atau ilmu komputer). 

Untuk mengenal lebih jelas mengenai bidang ilmu ini sebelum memutuskan kuliah, simak beberapa uraian mengenai Data Science berikut ini:

Pengertian Data Science

Data science merupakan disiplin ilmu yang mempelajari khusus masalah data, utamanya jenis data kuantitatif baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur.

Bidang ilmu ini membahas berbagai subjek hampir meliputi semua proses data, mulai dari pengumpulan, analisis, pengolahan, manajemen, kearsipan, pengelompokan, penyajian, distribusi, sampai cara mengubah data menjadi sebuah informasi yang tentunya dapat dipahami semua orang. 

Disiplin ilmu yang satu ini merupakan kombinasi dari ilmu science dan sosial, berbagai ilmu penunjangnya sendiri terdiri dari matematika, ilmu komputer, manajemen, statistika, sistem informasi, ilmu informasi, dan masuk di dalamnya ilmu komunikasi serta kepustakaan. 

Selain berbagai ilmu tersebut, sebenarnya ilmu ekonomi khususnya ilmu bisnis juga memiliki peranan yang sangat penting dalam Data Science.

Baca juga: Pilih kuliah jurusan data science ini yang akan kamu pelajari

Bidang ilmu yang relevan dengan Data Science

Kuliah Manajemen dengan konsentrasi Data Science merupakan jurusan yang tergabung dari berbagai bidang ilmu, berikut ini ada beberapa bidang ilmu terkait jurusan ini:

  • Dasar Ilmu Matematika; Teori bilangan, Persamaan linear dan kuadrat, fungsi dan relasi, kalkulus, statistika dan probabilitas, pertidaksamaan linear dan kuadrat, teori kategori, analisis prediktif dan analisis kompleks, dan riset operasi.
  • Dasar Ilmu Komputer; Matematika diskrit, algoritma dan struktur data, teori graf (teori grup dan ring), komputabilitas dan teori informasi.
  • Dasar Ilmu Ekonomi; Ilmu keuangan yang termasuk di dalamnya akuntansi, pemecahan masalah, administrasi bisnis, dan manajemen.
  • Dan berbagai disiplin ilmu lainnya; Ilmu informasi & perpustakaan dan Ilmu komunikasi.

Skill yang harus dimiliki calon mahasiswa data science

Bagi yang sebelumnya mengambil kuliah Manajemen dan ingin melanjutkan pendidikan di bidang data science, tentu jurusan satu ini masih sangat relevan dengan Data Science. Ada beberapa skill yang wajib dimiliki. 

Pemrograman

Skill ini sangat membantu ketika menjadi seorang data science, pasalnya bidang ini berisi perihal memasukan berbagai data tertentu ke dalam komputer.

Keahlian dalam bidang pemrograman tentu akan sangat dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini, dengan begitu pekerjaan bisa diselesaikan dengan sempurna. Untuk menjadi seorang data science, setidaknya orang tersebut harus menguasai minimal satu bahasa pemrograman (seperti Python atau lainnya).

Baca juga: Jurusan IT ini dia prospek kerja di masa depan

Statistika

Agar memiliki keahlian dalam bidang data science, kemampuan statistika dasar juga sangat penting untuk dimiliki. Kemampuan statistika akan sangat berguna dalam menentukan algoritma untuk diaplikasikan, selain itu statistika juga dibutuhkan dalam hal pengembangan software machine learning.

Komunikasi dan visualisasi data

Data Science juga memerlukan keahlian dalam bidang komunikasi serta visualisasi data, khususnya bagi yang ingin terjun ke perusahaan dengan jenis manajemen data-driven. Kemampuan atau skill yang satu ini sangat erat kaitannya dengan tahap final data, yakni ketika data ingin ditampilkan kepada jajaran direksi maupun pihak lainnya.

Dengan visualisasi yang baik, menjelaskan data kepada pihak lain akan sangat terbantu. Pemilihan bentuk chart yang tepat dan sesuai data yang disajikan serta menggunakan istilah yang mudah dipahami khalayak umum, hal tersebut merupakan kemampuan dasar dalam pengolahan final sebuah data.

Jurusan yang relevan dengan Data Science

Di universitas sendiri sebenarnya kuliah jurusan Data Science ini tidak ada atau tidak ditampilkan sebagai jurusan khusus, namun pembelajaran mengenai data science sendiri biasanya dimasukan kategori jurusan teknologi.

Jurusan teknologi sendiri terbilang cukup beragam, namun yang paling terkenal untuk bisa memiliki keahlian ini ada 3 yakni jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi

Berbagai materi yang diberikan pada 3 jenis jurusan tersebut tentu sangat relevan dengan kemampuan / skill yang dibutuhkan untuk memiliki kemampuan data science.

Baca juga: Apa saja prospek kerja lulusan data science 

Meski begitu, berkat kepopuleran profesinya saat ini ada cukup banyak universitas yang menawarkan program yang mengkhususkan diri di bidang data science.

Sebagai contoh Institut Teknologi Harapan Bangsa, universitas yang menawarkan konsentrasi Data Science pada program S1 Sistem Informasi. Bagi yang berstatus karyawan, universitas ini juga menyediakan kuliah jurusan ini dalam bentuk blended learning bekerjasama dengan pintaria.com.

Blended learning merupakan metode pembelajaran campuran yang menggabungkan antara kuliah online dengan tatap muka, metode yang sangat cocok dimanfaatkan bagi mereka yang sudah sibuk bekerja atau memiliki sedikit waktu luang.

Materi kuliah jurusan Data Science

Sebenarnya tidak ada materi khusus untuk jurusan satu ini, karena di Indonesia sendiri hanya ada beberapa universitas yang mengkonsentrasikan diri pada bidang data science. Biasanya senjata saya ingin masuk dalam jurusan tertentu tertentu, contohnya di Institut Teknologi Harapan Bangsa yang mengkonsentrasikan Data Science namun berada di jurusan S1 Sistem Informasi. 

Meski begitu berikut ini ada beberapa bidang ilmu yang memudahkan kamu dalam mempelajari data science, diantaranya pengetahuan dalam bidang komputer dan elektronik, Ekonomi, Matematika (khususnya statistik), Manajemen dan Pelatihan.

Baca juga: Apa bedanya data engineer dan data scientist?

Skill yang harus dikuasai calon mahasiswa Data Science

Mengikuti perkuliahan merupakan salah satu langkah untuk menguasai kemampuan data science. Meski begitu, akan lebih baik jika sebelum masuk perkuliahan tiba kamu juga sudah memiliki berbagai skill yang dibutuhkan ketika mengikuti kuliah jurusan ini seperti:

Pemrograman

Pemrograman akan sangat membantu dalam menjadi seorang data sains maupun data analyst, sebelum memasuki jenjang perkuliahan sebaiknya kamu belajar sedikit mengenai pemrograman. Hal ini dilakukan agar saat perkuliahan kamu tidak keteteran, setidaknya saat diberi tugas untuk pemrograman skill satu ini sudah dimiliki.

Pemrograman masuk kategori wajib dimiliki oleh calon data science, pasalnya bidang satu ini memang berkutat perihal memasukkan data tertentu ke dalam komputer.

Statistika

Kemampuan saat ini sangat berguna untuk menentukan algoritma apa yang harus diaplikasikan, yaumul ini sangat dibutuhkan dalam melakukan pengembangan software machine learning. Mempelajari statistika sejak dini sebelum masuk perkuliahan akan sangat membantu, setidaknya beban materi yang harus dikuasai sedikit berkurang.

Komunikasi dan visualisasi data

Skill komunikasi dan visualisasi data juga penting bagi yang ingin kuliah di bidang data science, terlebih bagi yang ingin masuk dalam jaringan perusahaan yang manajemennya menggunakan data-driven. Jika telah memiliki kemampuan ini, kegiatan komunikasi dalam perkuliahan maupun saat bekerja nanti akan lebih mudah dilaksanakan.

Baca juga: Apa itu data science? yuk kenali lebih dalam

Rekomendasi Universitas untuk kuliah data science

Sebenarnya hampir semua universitas yang ada di Indonesia menyediakan kuliah jurusan Data Science, hanya saja materi kuliahnya terangkum pada jurusan tertentu (seperti jurusan yang berhubungan dengan teknologi atau bidang komputer). 

Ada banyak universitas ternama yang menyediakan jurusan ini, sebut saja Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Harapan Bangsa, Universitas Budi Luhur, Universitas Multimedia Nusantara, atau lainnya. 

Bahkan beberapa universitas ada yang mengkonsentrasikan diri mempelajari data science, contohnya seperti Institut Teknologi Harapan Bangsa (ada di jurusan S1 Sistem Informasi).

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.