Hari Pertama Kerja di Kantor Baru? Ini yang Harus Kamu Persiapkan!

hari-pertama-kerja

Hari pertama kerja adalah hari yang sangat menyenangkan. Tapi untuk beberapa orang, hal itu bisa jadi sangat menakutkan. Maklum, setiap kali memasuki lingkungan baru kita akan selalu berhadapan dengan orang-orang baru yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Semua kebiasaan lama kita baik di kantor lama ataupun di lingkungan lama, bisa jadi sangat jauh berbeda dengan yang baru.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memulai hari pertama kerja di kantor yang baru:

Cobalah untuk Memperkenalkan Diri dengan Cara yang Asyik

Cara memperkenalkan diri yang kita lakukan akan cukup banyak pengaruhnya terhadap keberlangsungan kinerja kita di kantor baru. Cobalah untuk rendah hati dan bersikap friendly kepada semua orang yang baru kamu kenal. Apabila ada di antara mereka yang bertanya misalnya nama atau pengalaman di kantor lama, cobalah untuk menjawab dengan ramah.

Dengan cara yang asyik begini, kamu akan mendapatkan teman yang baik dan penghargaan yang baik bahwa kamu adalah rekan kerja yang bisa bekerjasama.

Buktikan bahwa Kamu Layak Mengerjakan Tugas-tugas Kantor

Selain ramah, kamu juga perlu membuktikan bahwa kamu bisa mengerjakan tugas-tugas kantor dengan baik. Performa dan kinerja kamu menentukan bagaimana kamu akan berkontribusi pada target-target yang diberikan oleh kantor baru.

Apalagi, sebagai karyawan baru kamu harus melewati masa percobaan ketika semua perhatian ditujukan kepada kamu. Cobalah untuk melewati masa percobaan ini dengan sebaik mungkin.

Pelajari Semua Hal yang Penting Maupun yang Lebih Sederhana

Mulailah mempelajari lingkungan baru dengan berusaha memahami bagaimana kantor baru beroperasi. Cobalah pahami hal-hal penting seperti sistem, output, target, dan hal-hal fundamental lainnya. Kemudian luangkan juga waktu untuk mempelajari lingkungan sekitar seperti bagaimana menggunakan mesin fotokopi, di mana biasanya teman-teman makan siang, sampai hal-hal tambahan lainnya.

Membiasakan diri untuk belajar juga baik untuk mendukung kinerja kamu di kantor baru lho! Untuk hari pertama kerja, pasti kamu punya banyak kesempatan belajar. Manfaatkanlah sebaik mungkin!

Ikuti Aturan dan Kebiasaan Baru

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu hidup dengan kesepakatan yang disusun bersama. Hal ini akan tercermin dari kemampuan kamu mengikuti aturan dan kebiasaan baru. Dengan itu juga kamu bisa mengenal lebih banyak lagi teman.

Mempunyai banyak teman tentu akan membuat pekerjaan kamu terasa menyenangkan. Seberat apapun beban kerja yang diberikan, kamu akan sangat terbantu dengan memiliki teman-teman yang suportif.

Secara etika, mengikuti kebiasaan positif di lingkungan kerja yang baru juga akan membuat kamu merasa diterima di antara rekan-rekan kerja. Hal ini juga akan membuat kepercayaan diri kamu meningkat dan akhirnya, kinerja kamu jadi maksimal.

Nah, Pintarian, sudahkah kamu mendapatkan pengalaman hari pertama kerja di kantor yang baru? Beberapa tips di atas bisa kamu coba lho! Semoga kamu bisa bekerja dengan maksimal ya!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow