Begini Cara Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Saat Interview Kerja

perkenalan-bahasa-inggris

Dalam wawancara kerja, setiap orang pasti diminta memperkenalkan diri secara lisan. Perkenalan ini diharapkan dilakukan sebaik mungkin agar perusahaan benar-benar yakin dengan kualitas yang kamu miliki. Perkenalan ini biasanya ada dua jenis: pertama perkenalan bahasa Inggris, atau cukup dalam bahasa Indonesia saja.

Perkenalan bahasa Inggris dimaksudkan agar kamu bisa mendemonstrasikan kemampuan berbahasa Inggris kamu kepada perusahaan. Perkenalan bahasa Inggris juga bisa menjadi indikator kepercayaan diri kamu dalam berbicara dengan bahasa selain bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa tips agar perkenalan kamu dalam bahasa inggris saat wawancara kerja bisa lancar.

Ucapkan Salam

Dari seluruh rangkaian wawancara kerja, pengucapan salam merupakan salah satu penilaian terpenting dan paling awal. Jadi pastikan kamu mengucapkannya dengan benar, terutama dalam menggunakan bahasa inggris. Tambahkan senyum atau apa saja yang menyiratkan bahwa kamu orang yang ramah.

Baca Juga: Tips Ampuh Cari Kerja untuk Fresh Graduate

Perkenalan Singkat dan Penjelasan Latar Belakang

Penilaian dilanjutkan dengan perkenalan diri dan tentu saja tentang latar belakang kamu. Mulai dari perkenalan tentang keluarga kamu, pendidikan, sampai minat dan bakat yang kamu miliki. Bisa jadi kamu justru membuat kesan yang lain dari ekspektasi orang saat perkenalan diri.

Memperkenalkan diri dengan luwes juga menunjukkan kamu adalah orang yang supel. Untuk itu jangan ragu untuk mengekspresikan dirimu, terlebih saat perkenalan bahasa inggris.

Dalam bahasa Inggris, contoh di bawah ini bisa kamu praktikan:

Good morning. My name is Danny Cahyo. You can call me Danny. I am now 23 years old. I completed my bachelor of Civil Engineering from University of Indonesia.

Pastikan Alasan Kamu Melamar Kerja Sudah Jelas

Kalau ditanya kenapa kamu melamar kerja di perusahaan tersebut lalu kamu bingung atau terlihat linglung menjawabnya, perusahaan akan ragu menerima lamaran kamu. Jangankan menerima, bisa jadi mereka bersikap dingin dan kamu di eliminasi menjadi kandidat yang terpilih.

Jadi pastikan dengan benar dan katakan dengan jelas alasan dan tujuan kamu melamar di perusahaan tersebut agar pihak HR memilih kamu sebagai kandidat yang terbaik.

Jabarkan Rencana Jangka Panjang Kamu

Perkenalan bahasa Inggris kamu akan jauh lebih diingat jika kamu memberi kesan positif dan terencana. Jelaskan secara detail rencana jangka panjang kamu, termasuk planing kamu terhadap posisi yang kamu lamar.

Misalnya dalam lima atau enam tahun mendatang kamu ingin melanjutkan sekolah, atau kuliah sambil kerja. Atau bahkan rencana kamu dalam berkontribusi kepada perusahaan, apa saja yang improvement yang akan kamu lakukan.

Ucapkan Terima Kasih

Perkenalan bahasa Inggris kamu harus diakhiri dengan kata ‘Terima Kasih’. Ingat, mereka meluangkan waktu untuk kamu lho! Jadi jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang mereka luangkan.

Masa depan kamu di perusahaan itu sedikit-banyak merupakan jasa mereka yang mencoba memberikan kesempatan untuk kamu.

Nah Pintarian, ga perlu ragu lagi ya ketika menghadapi perkenalan bahasa Inggris ketika wawancara kerja. Atau kalau kamu masih belum mahir dalam pengucapan bahsa inggris kamu, kamu bisa ambil kelas kursus online, biar skill english kamu meningkat.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.