Apa sih Kuliah Blended Learning? Simak Penjelasannya!

kuliah-blended-learning

Metode belajar e-learning saat ini semakin hangat dibicarakan dan dijalankan di berbagai lembaga pendidikan dalam negeri. Tidak hanya full online, metode kombinasi yang disebut blended learning juga semakin populer karena menawarkan banyak keuntungan bagi mahasiswa.

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, kuliah konvensional yang berupa tatap muka di ruang kelas memang semakin tidak menjadi pilihan utama bagi beberapa siswa. Generasi yang peka dengan kemajuan teknologi tentu mulai mencari metode baru dalam kuliah. Terutama kuliah online dengan waktu yang fleksibel.

Nah, apa sih metode blended learning itu?

Sebuah Metode Kombinasi

Sesuai dengan namanya, metode blended learning adalah perpaduan yang rapi antara metode konvensional (kelas tatap muka) dengan metode online. Dengan kombinasi itu, mahasiswa tidak perlu datang ke kampus setiap hari untuk sampai di ruang kelas. Mereka hanya perlu memastikan jaringan internet yang stabil dan bisa belajar dari rumah atau dari kantor bahkan belajar dimana saja.

Baca juga:
Kuliah Online, Solusi untuk Mahasiswa yang Bekerja
Mahasiswa Blended Learning Lebih Tangguh, Kenapa?

Punya Nilai Lebih Dibandingkan dengan Full Online

Dengan pertimbangan bahwa belajar yang efektif perlu dilakukan dua arah, maka interaktivitas pengajar atau tutor dengan mahasiswa menjadi sangat penting. Memang, riset membuktikan, pembelajaran dua arah lebih maksimal daripada satu arah.

Dengan begitu juga, mahasiswa memiliki keleluasan untuk mempelajari materi atau bahan ajar secara mandiri dengan memanfaatkan bahan ajar yang tersimpan secara online.

Bagi pengajar atau tutor, pengajar dapat meminta mahasiswa untuk mengkaji materi pelajaran sebelum pembelajaran tatap muka berlangsung dengan menyiapkan tugas-tugas pendukung.

Tren Di Masa Depan

Karena terintegrasi dengan kemajuan teknologi terkini, metode ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi di masa depan. Blended learning memang sejak awal muncul dari kemampuan metode itu untuk beradaptasi.

Belum pernah terpikirkan sebelumnya bagaimana mencari jalan tengah yang lebih efektif dari metode konvensional dengan full online learning.

Baca juga: Mengenal E-Learning dan Sistem Edukasi Daring yang Simple

Mengatur Sendiri Jadwal dan Pola Belajar

Lewat blended learning, kita bisa belajar dengan interaktivitas yang hampir mirip dengan metode tatap muka secara langsung. Bahkan jika pengajar berada di dua benua berbeda dan berjarak ribuan Kilometer. Selain itu, pola belajar bisa kita atur sendiri lho! Jadi bisa kuliah sambil tetap bekerja membangun karier.

Meski mengatur jadwal dan pola belajar sesuai dengan kenyamanan mahasiswa, namun target pencapaian materi-materi ajar dapat dicapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan standar kampus. Inilah keuntungan dari belajar dengan menggunakan metode blended learning.

Dikenal dan Diakui Dunia

Sebagai salah satu metode yang semakin populer di dunia pendidikan, metode ini sudah dikenal dan diakui di banyak negara maju seperti Australia, Amerika, dan Inggris. Di negara-negara super sibuk itu, tak heran metode yang memberikan solusi waktu ini semakin populer termasuk penerapannya di Indonesia.

Nah, kira-kira sudah kebayang kan apa itu kuliah blended learning? Kelebihannya terutama karena dengan metode ini, kita bisa menarik hal-hal positif dari kedua metode yang sudah ada. Dengan metode blended learning, pemanfaatan teknologi juga jadi semakin efektif dan tepat guna khususnya dalam hal pendidikan.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.