Begini Caranya Menjalin Hubungan Baik dan Cara Berbicara dengan Atasan

cara berbicara dengan atasan

Setiap karyawan baik di perusahaan besar maupun StartUp pasti ingin bekerja dengan nyaman. Bekerja dengan nyaman membuat rutinitas yang terasa membosankan jadi agak menyenangkan terutama kalau kamu juga dikelilingi oleh orang-orang yang menyenangkan.

Nah salah satu orang paling dekat yang tiap hari kamu temui adalah atasan kamu, baik atasan langsung ataupun atasan tidak langsung. Masalahnya, banyak dari kita yang bingung bagaimana sih cara berbicara dengan atasan?

Meski atasan kamu baik dan ramah, terkadang sulit rasanya jika harus berbicara seperti kepada teman sendiri. Hal itu wajar karena di kantor, kamu toh memang karyawan yang harus agak lebih menurut kepada tugas-tugas atau bahkan perintah yang diberikan oleh atasan kamu. Nah, berikut ini tips menjalin hubungan dan cara berbicara dengan atasan kamu.

Kenali Kebiasaan dan Cara Berbicaranya

Terkadang cara untuk berhubungan baik dengan orang lain adalah dengan memahami apa yang jadi kebiasaan orang tersebut. Kamu harus tahu bahwa cara berbicara orang itu berbeda-beda. Ada orang yang terdengar seperti marah-marah terus tapi sebenarnya dia sedang berbicara baik-baik.

Sebaliknya, ada orang yang tidak seperti marah melainkan hanya berbicara lembut dan sangat lembut bahkan ketika marah. Nah, dengan memahami itu, kamu bisa mulai bersikap menyesuaikan dengan kebiasaan lawan bicara termasuk dengan atasan kamu di kantor.

Berusaha untuk Selalu Terbuka

Bersikap terbuka terhadap segala sesuatu terutama yang berkaitan dengan urusan pekerjaan kantor akan membawa manfaat bagi kamu bisa diterima dan dipahami. Kebalikan dari yang di atas, ketika kamu yang bersikap tulus dan terbuka akan membuat orang mudah memahami kamu lho!

Cobalah untuk selalu bersikap apa adanya, terbuka, tidak menyimpan sesuatu atau kasak-kusuk di belakang. Ungkapkan semua yang ada di pikiran kamu yang berkaitan dengan kemajuan perusahaan dan kelancaran pekerjaan kamu dan tim.

Cara ini akan efektif karena kamu akan bersikap tanpa beban. Tidak ada yang ditutupi akan membuat kamu nyaman beraktivitas.

Usahakan Selalu Bersikap Sopan

Bersikap sopan dalam cara berbicara dengan atasan dan dengan siapa saja akan membawa dampak yang sangat positif. Cobalah bersikap sopan ketika beradu argumen atau bahkan ketika menyampaikan sesuatu yang sebenarnya tidak kamu sukai.

Cara ini efektif membuat orang-orang termasuk atasan kamu bersikap lembut juga. Keuntungan lainnya bahkan orang akan mendengarkan ucapan kamu tanpa kamu harus berusaha dengan susah payah agar kamu didengarkan.

Bersikaplah sopan ketika membicarakan urusan pekerjaan dan dalam keseharian. Kamu akan merasakan sendiri perbedaannya.

Terima Kritik dengan Kepala Dingin dan Introspeksi Diri

Cobalah untuk selalu menerima kritik yang ditujukan ke kamu dengan sikap menerima. Terimalah kritik sebagai pemicu kamu untuk bekerja dengan lebih baik. Cara berbicara dengan atasan yang satu ini sangat baik karena hampir tidak ada efek negatifnya.

Terimalah kritik agar kamu bisa tahu apa yang perlu diperbaiki dari kinerja kamu. Tentu atasan kamu tidak akan sembarangan mengkritik jika pekerjaan kamu bagus. namun, sebagus-bagusnya pekerjaan kamu, kritik tetap berguna agar kamu tidak lengah dan tetap berusaha untuk memaksimalkan tugas-tugas yang diberikan.

Nah, Pintarian, sudah melakukan yang terbaik dalam cara berbicara dengan atasan kamu?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow