Mengenal Sistem SKS Dalam Perkuliahan

pendaftaran-kuliah

Tahun ajaran baru sudah dimulai dan ini saatnya bagi mahasiswa baru untuk mempersiapkan kebutuhan serta pengetahuan dasar seputar dunia perkuliahan. Selain mempersiapkan untuk pendaftaran kuliah serta mengetahui mengenai jurusan yang kamu pilih, mengetahui sistem penilaian pada perkuliahan juga tidak kalah pentingnya, lho! 

Sistem penilaian pada perguruan tinggi tentunya berbeda dengan sistem penilaian yang ada saat di Sekolah Menengah Atas (SMA). Terdapat beberapa sistem serta komponen penilaian yang perlu diketahui dalam proses pembentukannya.

Pada saat melakukan pendaftaran kuliah, calon mahasiswa akan diinformasikan mengenai jumlah SKS yang wajib ditempuh selama perkuliahan berlangsung serta jumlah minimum dan maksimum SKS yang wajib ditempuh pada setiap semesternya.

Namun apa sih sebenernya SKS itu? Apa aja sih yang perlu kamu ketahui mengenai Satuan Kredit Semester atau SKS, yuk telusuri informasinya! 

Apa Itu Satuan Kredit Semester atau SKS?

SKS adalah satuan bobot studi pada setiap mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa. Setiap mata kuliah memiliki jumlah SKS yang berbeda. Satu mata kuliah dapat memiliki bobot dari 2 SKS hingga 4 SKS.

Namun pada beberapa mata kuliah tertentu dapat juga memiliki bobot atau nilai 6 sampai 8 SKS. Biasanya mata kuliah yang memiliki nilai SKS tinggi merupakan mata kuliah penting, seperti skripsi.

Pada saat pendaftaran perkuliahan biasanya mahasiswa akan menerima informasi terkait jumlah SKS yang akan diterima dan harus ditempuh selama perkuliahan berlangsung.

Jumlah SKS ini nantinya akan menentukan besarnya IP serta IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif pada mahasiswa serta menentukan jumlah SKS yang wajib diambil pada semester selanjutnya.

Baca juga:
Kuliah Online, Solusi untuk Mahasiswa yang Bekerja
Tipe Waktu Belajar Bagi Para Mahasiswa

Bagaimana Sistem SKS?

Satu mata kuliah umumnya memiliki nilai 2 hingga 4 SKS. Jumlah banyaknya SKS juga menentukan durasi pembelajaran mata kuliah tersebut. Biasanya saat pendaftaran kuliah, tiap jurusannya akan memberikan informasi terkait berapa banyak mata kuliah yang akan diikuti oleh mahasiswa beserta bobot SKS.

1 SKS umumnya memiliki durasi 50 menit pada satu sesi atau satu pelajaran. SKS ini pun nantinya menjadi penting untuk menentukan kelulusan dan periode perkuliahan kamu lho! Sistem SKS ini memiliki kesamaan pada perkuliahan online lho. Hanya saja yang membedakan adalah bentuk perkuliahannya.

Baca juga: Kuliah Marketing Komunikasi Ini yang Akan Kamu Pelajari

Tips Menentukan Pengambilan SKS Selama Perkuliahan!

Dengan banyaknya mata kuliah yang kamu ambil serta adanya pengaturan jumlah SKS yang diambil, kamu bisa lebih fleksibel dalam mengatur jadwal kuliah lho. Namun yang harus diperhatikan adalah kamu juga harus memprioritaskan pengambilan mata kuliah wajib tiap semesternya. Hal ini akan berkaitan dengan pengambilan mata kuliah lain pada semester selanjutnya.

Jadi saat pendaftaran kuliah, ada baiknya kamu sudah merencanakan dengan baik kegiatan perkuliahan kamu ya! Selain itu untuk mengambil Tugas Akhir atau Skripsi ataupun kelulusan, terdapat ketentuan minimal jumlah SKS yang harus ditempuh lho. Biasanya jumlah SKS minimal yang harus ditempuh sebanyak 144 SKS.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.