3 Kelompok Penerima Kartu Pra Kerja

Kartu Pra Kerja 2

Selain Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk mahasiswa, pemerintah Indonesia juga punya terobosan penting dalam dunia kerja. Program itu bernama Kartu Pra Kerja. Kartu ini nantinya akan digunakan bagi masyarakat Indonesia untuk menjamin keberlangsungan dunia kerja sekaligus industri di Indonesia.

Di samping itu, pemerintah juga punya agenda untuk mengentaskan kemiskinan, menurunkan tingkat pengangguran, dan mengusahakan kehidupan yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia. Nah, Pintarian tahu gak siapa aja sih yang berhak menerima Kartu ini?

Fresh Graduate

Wah siapa ya fresh graduate? Maksudnya di sini adalah mereka yang baru saja lulus kuliah. Apapun bidang kuliahnya nanti, mereka akan sama-sama berhak menerima kartu ini karena untuk memasuki dunia kerja, butuh pembekalan dan pelatihan yang berguna sehingga mereka semakin siap untuk terjun di Industri.

Kalau kamu baru saja lulus dari sekolah menengah baik Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maka kamu bisa mengajukan Kartu ini.

Baca juga:
5 Manfaat Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)
Apa itu Kartu Pra Kerja

Rencananya, kartu ini akan diluncurkan bersama Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk mahasiswa. Khusus untuk Kartu Pra Kerja, cara mengajukannya cukup mudah. Ketika kamu sudah mengantongi ijazah sekolah menengah, kamu akan diberikan program khusus yang dirancang dengan apik untuk menguasai skill atau keahlian yang mumpuni. Nah tertarik mendaftar?

Pekerja Eksisting

Bagi kamu yang sekarang sudah bekerja, kamu juga masuk kualifikasi kelompok yang bisa menerima Kartu ini lho! Tujuan utamanya adalah untuk memberikan upskilling yaitu suatu pembekalan agar bisa beradaptasi dengan pasar kerja saat ini.

Tak tanggung-tanggung, menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyebutkan program ini akan memastikan para pekerja yang ada di usia produktif itu agar tidak ketinggalan dengan teknologi dengan adanya pembekalan yang penting dalam menghadapi tuntutan industri 4.0 yang menuntut skill dan keahlian tertentu di dunia kerja.

Korban PHK Juga Dapat Kartu Pra Kerja

Jangan sedih bagi para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Kartu ini juga disediakan. Tentu saja tujuannya untuk menjaga agar mereka tetap punya kemampuan dan skill yang cukup untuk dunia kerja. Para korban PHK ini nantinya akan bisa melamar ke perusahaan lain dengan tambahan modal keahlian yang jauh lebih baik. Program Kartu Pra Kerja akan menjadi solusi bagi mereka yang bingung setelah terkena PHK.

Baca juga:
50 Ribuan Pekerja Bank Kena PHK, Apakah Kamu Salah Satunya?
Ini Dia Daftar Pekerjaan yang Gak Bikin Kamu di-PHK

Hal ini sejalan dengan program Pintaria mendukung kesuksesan program pemerintah dalam Kartu Pra Kerja ini. Di pintaria, kamu bisa menemukan berbagai kursus yang sangat berguna untuk meningkatkan skill dan kemampuan kamu.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow