Begini Cara Jitu Membagi Waktu Antara Kuliah dan Kerja

Kuliah sambil kerja

Di era yang serba modern, kita dituntut untuk bisa selalu fleksibel dan lincah dalam beraktivitas. Baik di kehidupan sehari-hari ataupun dalam dunia digital, kita harus bisa melakukan satu-dua hal yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Misalnya kuliah sambil kerja. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat waktu dan biaya, serta menjaga agar kehidupan kita efektif dan efisien.

Meski begitu, bukan berarti dengan merangkap kegiatan seperti ini kita jadi kompromis dengan hasil kerjanya. Justru gabungan dua aktivitas itu membuat kita harus berusaha lebih maksimal dalam meraih hasil yang terbaik.

Kuliah sambil kerja paling umum dilakukan orang di era sekarang. Hal ini terutama karena dua kegiatan itu menghasilkan banyak sekali keuntungan.

Pertama, kamu akan tetap bisa menafkahi keluarga sambil menempuh proses perkuliahan yang biasanya menyita waktu.

Kedua, setelah lulus, status kamu akan membuat nilai tawar kamu di kantor lebih tinggi. Setelah lulus kuliah S2, biasanya kamu akan lebih mudah dipromosikan untuk posisi yang lebih tinggi di kantor. Nah, apa saja ya tips untuk lancar membagi waktu antara kuliah sambil kerja?

Biasakan Mencatat di Buku Agenda

Kebiasaan mencatat di buku agenda bukan hanya berguna ketika kita sekolah ataupun ketika perlu ada kegiatan khusus. Agenda sangat penting untuk menjaga agar kita tidak lupa dengan kegiatan yang penting dilakukan dan melewatkan waktunya.

Kuliah sambil kerja perlu juga mencatat di agenda agar kamu bisa mengontrol kegiatan kamu. Jika urusan kantor lagi banyak dan sibuk, jangan sampai ada detil-detil yang terlewat karena kamu tinggalkan untuk kuliah. Nah dalam situasi itulah agenda menjadi sangat penting. Cobalah untuk selalu tertib dalam kegiatan sehari-hari.

Jangan Sampai Mood Mengganggu Keseharian

Jika kamu memiliki aktivitas yang begitu padat, jangan sampai hal-hal yang tidak berpengaruh secara signifikan justru mengganggu kinerja kamu. Salah satu hal yang bisa mengganggu adalah mood. Jagalah mood kamu untuk selalu mendukung.

Kuliah sambil kerja bisa lancar deh. Akan tetapi, untuk belajar, kamu jangan hanya mengandalkan mood lho! Ada banyak lagi faktor yang mempengaruhi selain mood. Nah, rugi kan kalau membiarkan mood mengganggu aktivitas kita sejak awal.

Singkirkan Faktor Eksternal yang Mengganggu

Selain dari dalam diri sendiri, tantangan ketika kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja bisa juga datang dari luar, yaitu faktor eksternal. Dengan mencermati faktor eksternal itu, kamu akan bisa memahami bagaimanakah cara yang terbaik untuk mengatasinya.

Menjadi gangguan jika kamu merasa faktor-faktor seperti transportasi atau sulitnya mengakses buku materi pelajaran sudah sangat membebani. Tidak ada cara lain, singkirkanlah faktor itu dengan mengatasinya.

Mungkin kamu perlu naik kendaraan umum atau pindah tempat tinggal sementara ke daerah yang lebih dekat dengan tempat kuliah atau tempat kerja kamu. Menyingkirkan masalah eksternal seperti ini membuat kamu bisa lebih fokus dalam menjalani peran kuliah sambil kerja.

Buat Jadwal Rutinitas yang Sesuai

Membuat jadwal yang sudah pasti dan tidak bisa diubah lagi akan membuat kita tertib beraktivitas. Dengan begitu juga, ketika ada kesalahan yang terjadi, kamu bisa segera memperbaikinya.

Untuk bisa sukses kuliah sambil kerja, cobalah untuk selalu tertib dengan jadwal kegiatan yang sudah disusun rapi. Selain akan memberi kenyamanan dalam beraktivitas, kamu juga akan lancar dalam menjalani dua peran itu sekaligus secara bersamaan.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.