5 Manfaat Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)

kartu-indonesia-pintar

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh presiden Joko Widodo pada masa kampanye, Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sudah menyita banyak perhatian. Kartu ini dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan dana pendidikan bagi mereka yang sudah diterima sebagai calon mahasiswa baru namun belum memiliki dana yang cukup untuk biaya kuliah. Nah sejumlah dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara telah dialokasikan untuk itu. Apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dari Kartu Iini untuk Mahasiswa?

Gak Perlu Lagi Mikirin Biaya Kuliah

Sesuai dengan tujuan diselenggarakannya, manfaat utama dari Kartu ini akan menjadi penjamin bagi kamu-kamu yang masih ragu kuliah karena biaya yang tinggi. Kini tidak ada lagi alasan untuk tidak kuliah. Begitu lulus sekolah menengah, kamu bisa langsung daftar kuliah dan ketika diterima oleh universitas, kamu bisa langsung mengajukan Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

Baca juga: KIP Kuliah: Kartu Indonesia Pintar Untuk Mahasiswa

Jadi Alternatif Penting untuk Rencana Pembiayaan Pendidikan

Selain bermanfaat bagi para calon mahasiswa, program kartu ini akan sangat penting perannya dalam mengalihkan dana pendidikan negara. Beberapa program lain yang berkaitan dengan pendidikan memang telah dijalankan pemerintah sejak dulu, namun, khusus program ini, tampaknya lebih efektif lho! Kamu benar-benar akan menerima manfaat berupa pembayaran uang kuliah, di luar biaya hidup dan lain-lain.

Kartu Indonesia Pintar: Jalur Pintas Beasiswa

Kalau dulu kamu kesulitan mencari pemberi beasiswa ataupun lembaga donor pendidikan, kini dengan ini, jalur panjang yang harus dilalui itu menjadi jauh lebih singkat. Kamu cukup mendaftar kuliah saja dan ketika diterima, kamu akan dengan mudah bisa mengajukan diri sebagai penerima program Kartu ini. Lumayan banget kan buat kamu para pencari beasiswa.

Baca juga: 5 Hal Penting Soal Kartu Indonesia Pintar Untuk Mahasiswa

Meringankan Beban Orangtua

Dengan mengajukan Kartu ini, kamu secara langsung meretas masalah biaya dalam keluarga kamu juga lho! Kamu tidak lagi mengandalkan orangtua dalam membiayai kuliah kamu. Sehingga, uang yang seharusnya ditabung untuk membayar kuliah bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga lainnya seperti bayar tagihan. Mau membantu meringankan beban orangtua?

Punya Waktu Lebih untuk Mempersiapkan Diri

Sebelum kuliah, tentu ada begitu banyak persiapan yang harus kamu lakukan. Salah satunya yang penting adalah mempersiapkan diri dalam menghadapi masa perkuliahan nantinya.

Kartu Indonesia Pintar akan membuat kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan hal-hal lain di luar urusan biaya. Kamu, misalnya, bisa saja mempersiapkan materi kuliah dengan ikutan kursus di Pintaria. Berbagai kursus yang ada akan sangat membantu kamu dalam menghadapi perkuliahan nantinya lho!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
15.4k Followers
Follow