Mahasiswa Blended Learning Lebih Tangguh, Masa Sih?

kuliah-blended-learning

Di era teknologi maju seperti sekarang ini, sekolah ataupun kuliah bisa dilakukan di mana saja lho! Jangankan teknologi, gaya hidup maupun rutinitas harian juga semakin mendukung kita untuk bisa belajar apapun yang kita mau.

Seiring dengan kemajuan teknologi itu, kita juga punya kebebasan menentukan metode yang paling pas untuk kita. Apakah metode kuliah konvensional, kuliah online, maupun kuliah blended learning. Nah, untuk yang terakhir ini, ternyata menjadi solusi yang cerdas untuk kita yang telah terbiasa dengan kesibukan kerja.

Apa sih metode kuliah blended learning itu? Di sini kita akan bahas lengkap nih, Pintarian! Setelah memahami seluk beluknya, pasti kamu jadi tahu kenapa mahasiswa yang belajar dengan metode kuliah blended learning itu lebih tangguh.

Sebetulnya gak beda banyak sih, tapi aspek-aspek kecilnya ternyata banyak sekali memberikan kamu keuntungan. Yuk cermati berbagai keuntungan berikut ini!

Menggabungkan Kuliah Online dan Offline

Sebetulnya sih bukan menggabungkan gimana ya, Pintarian. Lebih tepatnya, metode ini adalah metode kombinasi. Kamu akan berkuliah online, tapi sekaligus juga melakukan kuliah tatap muka ala kampus konvensional.

Lho apa untungnya? Tentu saja karena sebagai kombinasi, metode ini mengambil nilai-nilai positif dari online dan tatap muka dengan menyesuaikan kebutuhan mahasiswanya secara lebih personal. Dengan kata lain, kuliah blended learning bisa menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing metode kuliah itu.

Contoh aja nih, jika kamu kurang fokus kuliah online, kamu bisa kejar materi atau tanyakan bagian yang kamu tidak paham ketika bertatap muka dengan dosen di kelas.

Begitupun sebaliknya, jika kamu merasa lebih nyaman kuliah online, kamu bisa jalankan kuliah kamu sambil sesekali mendapat arahan di kelas oleh dosen yang kompeten. Ya setidaknya, kamu bisa lah diarahkan agar tidak “keluar jalur” terlalu jauh saat belajar materi di platform online.

Fleksibel dan Biayanya Terjangkau

Selain bisa belajar dari mana saja, keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah biaya yang lebih rendah hingga 60% lho! Nah bisa deh kamu coba membayar uang kuliah kamu sendiri tanpa minta kepada orangtua.

Rendahnya biaya kuliah ini dihasilkan dari transparansi keuangan kampus, kerjasama dan dukungan dari platform kuliah, dan penghematan biaya operasional yang semestinya dikeluarkan oleh kelas-kelas di kampus.

Jika kamu ingin kuliah dengan metode online, jadwal yang kamu atur sendiri otomatis akan memberikan kenyamanan belajar dan perasaan menyenangkan yang muncul dari kebebasan mengatur sendiri irama belajar kamu.

Biaya yang lebih rendah juga otomatis akan membuat kamu tidak merasa terbebani karena biaya yang harus dibayarkan bahkan bisa dibayar dengan cicilan rendah. Cukup dengan menyisihkan sedikit uang jajan bulanan kamu ya.

Online Interaktif

Selain kuliah satu arah, kamu juga bisa sangat interaktif dengan bantuan teknologi terkini. Platform kuliah yang digunakan sangat memungkinkan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa dalam bersosialisasi dengan dosen maupun dengan sesama mahasiswa lain.

Berbeda dengan kuliah yang 100% online, dengan metode blended kamu bisa lancar berkomunikasi dalam grup maupun dalam percakapan mengenai materi kuliah yang sedang kamu pelajari.

Nah, sudah jelas kan kenapa mahasiswa yang kuliah dengan metode kuliah blended learning akan jadi lebih tangguh? Bersama Pintaria, kamu bisa mendapatkan begitu banyak pilihan program studi sarjana maupun S2 di kampus-kampus ternama juga lho!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow