Lanjut Kuliah S2 Jangan? Pertimbangkan Faktor-faktor Ini!

kuliah-s2-online

Ketika lulus kuliah, kita bisa menentukan pilihan hidup di waktu berikutnya. Kamu bisa saja mencari kerja, buka usaha sendiri, melanjutkan usaha keluarga ataupun lainnya. Nah, pernahkah terpikir untuk kuliah lagi?

Banyak lembaga pendidikan yang kini menyediakan kuliah S2 online juga lho! Jadi sebetulnya, kesempatan untuk kuliah itu sangat terbuka. Meskipun begitu banyak rintangan dan halangan yang membuat kamu mengurungkan niat, tapi semua bisa diatasi dengan cara-cara mudah.

Kendalanya, banyak orang bingung untuk memulai dari mana untuk kuliah lagi. Selain itu, kuliah S2 seringkali dianggap menyeramkan dan membuat kita gentar duluan sebelum menyiapkannya.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu kamu perhatikan dalam memutuskan apakah ingin lanjut kuliah S2 atau tidak.

Faktor Biaya Seringkali Mengganggu

Keinginan tentu ada. Kemampuan juga seringkali bisa dikejar dan bahkan sudah siap. Nah kendalanya itu dari dulu cuma satu: biaya. Eits, jangan takut dulu, Pintarian. Kini kuliah sudah tidak semahal dulu lho!

Kamu bisa saja misalnya menyisihkan uang jajan, uang berlibur atau bahkan sedikit dari uang tabungan kamu untuk kuliah. Mungkin gak sih? Jawabannya, sangat mungkin! Tentu saja kamu harus punya rencana keuangan yang matang dan metode kuliah yang tepat.

Baca juga: Ingin Lanjut Kuliah S2? Hal-Hal Ini yang Harus Dipersiapkan!

Rencana keuangan yang tepat misalnya dengan mengajukan beasiswa ke berbagai lembaga penyalur beasiswa pendidikan ataupun ke kampus yang memiliki program blended learning sehingga biaya kuliah kamu bisa lebih murah hingga 60%.

Hal ini bukan berarti kamu mengorbankan kualitas pendidikan kamu lho! Justru dengan ini kamu bisa memilah dengan lebih teliti kampus mana saja yang baik kualitasnya, dan mana yang kurang baik.

Faktor Keluarga

Kalau kamu sudah berkeluarga, cobalah minta pendapat keluarga kamu. Hitung saja untung rugi kuliah S2. jika kamu belum siap, coba deh cari informasi kuliah S2 online atau kuliah dengan metode blended learning yang merupakan gabungan metode kuliah online dengan kuliah tatap muka di kelas.

Ini bisa jadi solusi kamu untuk kuliah S2 karena tentu saja kuliah dengan metode demikian akan memangkas biaya yang semestinya dibayarkan.

Nah seandainya faktor biaya sudah bisa diatasi, kamu bisa lho coba-coba daftar kuliah S2 di luar negeri. Tentu persiapannya akan lebih banyak. Namun jika keluarga sudah mendukung, tentu kamu punya semangat lebih untuk menyiapkan semuanya kan!

Baca juga:
Cara Jitu Membagi Waktu Antara Kuliah dan Kerja
Ingin Dapat Beasiswa ke Luar Negeri? Kamu Harus Lulus Persyaratan ini!

Pengalaman Kerja

Kamu akan berada di persimpangan jalan ketika memutuskan untuk kuliah S2 online maupun tatap muka. Pengalaman kerja sangat dibutuhkan di dunia industri, nah untuk beberapa bidang studi, kuliah S2 tidak akan maksimal tanpa ada pengalaman kerja sebelumnya.

Masalahnya, kesempatan untuk kuliah S2 tidak datang setiap hari. Kamu bisa saja merencanakan sematang mungkin, namun tetap saja banyak sekali faktor yang menentukan.

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu rajin bekerja. Sehingga, ketika kesempatan untuk S2 datang, kamu telah siap baik secara mental, finansial, juga pengalaman kerja.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.