Tertarik Kuliah Online S1? Lebih Fleksibel dan Sederet Keuntungan Lainnya

Kuliah onlin S1

Kemajuan teknologi membantu dalam banyak hal. Termasuk dalam memperoleh edukasi yang bisa diakses dimana saja. Bagi kamu yang ingin masuk kuliah, kini tidak perlu datang ke kelas setiap saat. Dengan memanfaatkan akses internet, kamu bisa mendapat gelar sarjana lewat kuliah online S1. Pilihan jurusannya pun beragam yang dapat disesuaikan dengan minat.

Keberadaan kuliah online tentunya mempermudah kamu yang bekerja, menjalankan bisnis atau punya kegiatan utama lainnya. Sehingga kamu tidak perlu melepas karir atau aktivitas lainnya untuk meraih cita-cita di bidang pendidikan. Memang ada berbagai manfaat dari kuliah online S1, salah satunya lebih fleksibel. Nah, mau tahu apa saja keuntungannya? Berikut beberapa diantaranya.

Kuliah Online S1 Lebih Fleksibel

Kebanyakan orang yang mengambil gelar sarjana secara online karena alasan fleksibilitas. Bagi karyawan atau orang yang sudah berkeluarga, merasa pilihan kuliah online lebih kondusif. Mereka bisa mengakses pelajaran kapan pun, begitu juga untuk mengerjakan tugas kuliah. Jadi tidak perlu berpikir harus pergi ke kampus tiap harinya. Sehingga tetap ada keseimbangan antara pendidikan, kerja, dan kehidupan sosialmu. Kamu bisa tetap produktif tanpa perlu keluar dari tempat kerja atau mengurangi waktu kerja.

Bisa Belajar Kapan Saja

Bagi kamu yang punya jadwal harian padat, tentu tidak mudah menyesuaikan waktu kuliah tradisional yang terikat. Dengan mengambil kuliah online, hal ini bisa diatasi. Karena hampir semua materi kuliah tersedia secara online. Dosen sudah merekam materi pelajaran. Sehingga kamu bisa belajar kapan saja, di saat ada waktu kosong hanya dengan memanfaatkan gadget. Baik di pagi hari, jeda makan siang atau sepulang kerja. Kuliah pun tidak akan mengganggu kesibukan harianmu.

Baca juga: Kelas Karyawan Model Baru Metode Blended Learning 

Menyesuaikan dengan Kecepatan Sendiri

Kamu juga bisa menyesuaikan cara belajar dengan kemampuan atau kecepatanmu sendiri. Bila kamu memerlukan waktu lebih lama mempelajari suatu konsep atau materi, kamu bisa mengulanginya kembali. Manfaatkan waktu sesuai yang kamu butuhkan tanpa perlu tergesa-gesa mengikuti kecepatan orang lain. Jika dirasa sudah siap, kamu bisa melangkah ke materi selanjutnya. Ada banyak fasilitas yang tersedia untuk membantu kamu dalam memahami pelajaran. Seperti video, berkonsultasi dengan dosen, dan mengakses materi dari sumber lainnya. Supaya kamu makin termotivasi dalam kuliah.

Bebas Pilih Jurusan

Untuk masuk jurusan tertentu di universitas biasanya ada tes dengan standar nilai yang ditetapkan. Sehingga kerap kali orang kuliah tidak sesuai minatnya. Akibat tidak diterima di jurusan yang diinginkan. Sementara pada kuliah online kamu bebas memilih jurusan. Di Pintaria terdapat pilihan program studi favorit dari berbagai universitas ternama. Seperti jurusan Manajemen, Komunikasi, Hukum, hingga Teknik. Tak perlu khawatir, nantinya ijazah yang kamu dapat di kuliah online sama seperti kuliah reguler.

Lokasi Bisa Dimana Saja

Adanya fleksibitas tempat belajar, membuat kuliah online semakin memperkecil waktu yang dihabiskan di jalan atau biaya transportasi untuk ke kampus. Kamu bisa menyelesaikan tugas atau belajar di berbagai tempat, asal ada internet. Seperti di kantor, rumah, perpustakaan atau kafe. Bahkan saat kamu sedang traveling. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi pekerja yang sering bepergian. Tidak perlu cemas juga akan absensi kelas kalau cuaca tidak mendukung atau fisik sedang tidak prima.

Kuliah online S1 Tidak Terbatas Usia

Sering kita dengar tak ada kata terlambat untuk belajar. Namun kadang kala agak rumit bagi orang yang sudah berumur melanjutkan kuliah. Baik dari pengurusan berkas hingga penyesuaian diri. Nah keberadaan kuliah online bisa membuka kesempatan bagi siapa saja untuk mendapat gelar sarjana. Mulai dari lulusan SMA/SMK sampai orang sudah berusia lanjut, bila sesuai aturan kampus. Asal ada kemauan, tentu ada jalan untuk memperoleh pendidikan tinggi.

Biaya Lebih Ringan

Biaya kuliah memang berbeda-beda di tiap universitas. Tapi biaya kuliah online S1 cenderung lebih terjangkau dibanding pilihan kuliah konvensional. Sebab kamu tidak banyak memakai fasilitas kampus seperti kelas dan lainnya. Bahkan kamu bisa menghemat hingga setengah dari total biaya kuliah konvensional hingga lulus. Kamu pun dapat melakukan perencanaan pembiayaan kuliah online karena biasanya terdapat pilihan cicilan per bulan. Tentu ini bisa lebih memudahkan alokasi pengeluaranmu.

Baca juga: Kuliah Online Biayanya Tinggi. Siapa Bilang? 

Mencoba Metode Blended Learning

Perkuliahan online ada yang dibuat dengan metode blended learning.  Seperti yang ada di Pintaria. Metode ini menggabungkan metode kuliah online dan kuliah offline. Selain belajar lewat materi teks, video dan diskusi yang tersedia online, kamu juga ada kelas tatap muka di akhir pekan.  Jadi kamu tetap bisa bertemu langsung dengan dosen dan teman sekelas dari berbagai latar belakang. Lewat metode blended learning, kamu pun mengkombinasikan dua cara belajar yang berbeda. Kamu dapat merasakan belajar secara online sekaligus pengalaman di kelas seperti umumnya perkuliahan. Menarik kan?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.