Kuliah Marketing Komunikasi, Ini yang Akan Kamu Pelajari

kuliah-marketing-komunikasi

Ketika memilih bidang studi untuk kuliah, kebanyakan dari kita mempertimbangan dari segi minat, bakat, dan tentu saja biaya. Tapi jangan lupa, hal lain yang tak kalah penting adalah apakah kita benar-benar memahami materi apa saja yang akan dipelajari ketika kita memilih bidang tersebut. 

Kalau kamu memilih kuliah marketing komunikasi, ada satu bidang dalam jurusan ini yang cukup menarik di masa depan, yaitu jurusan Marketing Komunikasi. Ilmu ini disebut juga dengan Komunikasi Pemasaran, sebuah ilmu modern yang mempelajari strategi komunikasi dalam mengkomunikasikan suatu produk, organisasi/perusahaan, atau bahkan individu pada khalayak. 

Dalam ilmu ini kamu akan belajar bagaimana melakukan negosiasi, lobbying, dan periklanan. Kamu juga perlu memahami teknik berbicara, menganalisa faktor yang mempengaruhi pemasaran, yang tentu saja berpengaruh pada income perusahaan. 

Materi tambahan lainnya yang sangat penting adalah pemahaman akan produk atau brand yang akan dipasarkan, target pasarnya, serta metode yang tepat agar kegiatan pemasaran dapat mencapai sasaran.

Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Marketing

Dalam setiap perkuliahan di bidang apapun, sebuah pengantar sangat penting untuk memberikan konteks yang tepat dalam bidang keilmuannya. Khusus untuk bidang studi ini diantaranya, ilmu Statistik, Psikologi, dan Sosiologi dasar akan menjadi landasan yang kuat bagi mereka yang akan mempelajari Komunikasi Marketing. 

Dalam kuliah marketing komunikasi, ternyata kemampuan dasar ini terbilang cukup rumit, namun akan bisa dipelajari dengan baik ketika kamu mau bersikap kritis, observan, rajin membaca, dapat menganalisa secara tepat, dan bekerjasama dalam tim.

Public Speaking 

Singkatnya, keahlian berbicara di depan publik sangat membantu kita untuk meyakinkan orang tentang pesan yang kita sampaikan. Keahlian ini sendiri tidak akan banyak membantu apabila kita malas menyiapkan materi. Public Speaking yang baik juga termasuk urusan teknis dalam persiapannya.

Baca juga: Pentingnya Skill Komunikasi yang Efektif di Lingkungan Kerja

Kebutuhan Industri

Dalam bidang Marketing memiliki sifat yang sangat dinamis dan selalu dibutuhkan. Bayangkan saja sebuah brand yang memiliki produk-produk tertentu tetapi tidak memiliki seorang ahli komunikasi marketing dalam mengolah brand tersebut. 

Kondisi bisnis yang seperti ini bisa jadi stagnan dan sulit untuk mencapai target yang diinginkan. Maka dari itu, kemajuan sebuah bisnis akan sangat ditentukan oleh kinerja komunikasi marketing yang prima. Bagi para lulusan kuliah marketing komunikasi pekerjaan ini adalah peluang besar untuk terjun dan berkarier disini.

Pengetahuan Mengenai IT

Di era digital, seorang ahli komunikasi juga dituntut untuk memahami seluk-beluk mengenai dunia IT. Teknologi informasi tentu menjadi modal besar bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Dalam banyak kasus, kompetisi bisnis ditentukan oleh seberapa taktis sebuah brand dalam memasarkan produknya di dunia digital. 

Untuk jangka yang panjang, strategi digital yang baik akan memastikan bahwa brand yang kita bawa akan menjadi bagian dalam ingatan orang masyarakat. Tidak heran jika prospek kerja teknik informatika juga menjadi hal yang menjanjikan di masa depan.

Nah, tertarik tentang dunia ilmu marketing dan komunikasi dan ingin tahu lebih banyak soal apa yang dipelajari di kuliah Marketing Komunikasi? Yuk cari info lebih lanjut di pintaria.com!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow