Pilih Jurusan Ilmu Data Science? Ini yang Akan Kamu Pelajari

kuliah-data-science

Era modern dengan mode digital seperti sekarang ini banyak menawarkan berbagai kesempatan dan sarana teknologi yang semakin berkembang. Di bidang teknologi informasi, selain ilmu Komputer, ada bidang ilmu Data Science yang semakin hari semakin laris di pasaran dipilih sebagai jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan. 

Semakin berkembangnya ilmu Data Science ini, tak lepas dari semakin banyaknya permintaan dan kebutuhan akan informasi dan manajemen pengolahan informasi yang diperlukan untuk persaingan bisnis di era modern. 

Bidang ilmu Data Science tentu sudah tak asing lagi di kalangan pecandu teknologi.  Tapi tidak banyak yang tahu bahwa materi yang dipelajari di jurusan ini cukup banyak dan bervariasi lho.. 

Lalu apa saja sih yang dipelajari di perkuliahan untuk jurusan Data Science?

Python Coding

Python adalah bahasa pemrograman yang paling umum digunakan. Ilmu data science menuntut pemahaman yang mendalam mengenai bahasa pemrograman yang dipakai dalam sebuah sistem. Python adalah yang paling utama. Sebuah survei menyatakan bahwa pemrograman Python digunakan oleh sebanyak 40% pengguna untuk bahasa pemrograman dalam sistem mereka.

Baik juga untuk kamu, jika kamu bisa memahami bahasa lainnya seperti Java, Perl, dan lain-lain. Maka kamu bisa melengkapi kemampuan kamu dalam ilmu data science dalam bahasa pemrograman.

Baca juga:
Apa Itu Big Data dan Penjelasannya
Bedanya Data Engineer dan Data Scientist

Hadoop Platform

Secara umum, peran Hadoop tidak terlalu sentral dalam ilmu Data Science. Namun, sebagai seorang Data Scientist kamu akan sangat mungkin berhadapan dengan situasi ketika volume data menembus batas memori sistem yang kamu bangun atau ketika kamu ingin mengirim data ke server yang berbeda. 

Hadoop juga bisa sangat membantu dalam mengintegrasikan atau menyesuaikan data yang bertumpuk ke dalam sistem. Selain itu juga kamu bisa menggunakan Hadoop untuk eksplorasi, penyaringan data, sampling, dan menyusun output.

Machine Learning

Seorang data scientist dengan latar belakang pendidikan di bidang IT akan sangat terbantu dengan materi yang berkaitan dengan Machine Learning. Di sini, kamu akan mempelajari Artificial Intelligence dan Deep Learning. 

Selain itu, kamu juga akan belajar membangun dan merancang hipotesis dan melakukan eksperimen modeling, mempraktekkan beberapa jenis Algoritma dan ilmu-ilmu lainnya yang berkaitan dengan data science. 

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Data Science

Analitik Data

Di Pintaria, kursus Data Science menawarkan pembelajaran analytic thinking dan problem solving attitude. Hal ini akan sangat berguna untuk kamu yang tidak memiliki latar belakang pendidikan IT sebelumnya.

Nah meskipun secara umum hal-hal yang dipelajari sama saja, namun ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh kursus Data Science di Pintaria seperti pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidangnya, pemanfaatan teknologi terkini, dan biaya yang terjangkau. Yuk segera daftarkan diri kamu di kelas kursus Data Science bersama Pintaria!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow