Berniat Menjadi Freelance? Ini Dia Pekerjaan yang Cocok!

kerja-freelance

Dunia kerja banyak menawarkan berbagai pilihan untuk kita berkarier. Mulai dari industri besar, menengah sampai industri yang baru saja dibangun (Startup), tentunya masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Namun, pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki hubungan satu dengan lainnya.

Pernahkah terlintas dalam benak kamu, sebuah pertanyaan; apa sih gunanya kita bekerja? Mengapa kita harus bekerja?

Nah, pilihan dari jenis pekerjaan juga bukan hanya sebatas pada rutinitas kantoran lho! Ada jenis pekerjaan yang dilakukan dengan sistem paruh waktu, ada juga model kerja freelance.

Bagi kamu yang enggan bekerja dengan jadwal yang pasti (office hour), berikut ini jenis-jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu menjadi seorang freelance.

Penulis

Kerja freelance yang pertama adalah penulis. Menjadi penulis seringkali memerlukan inspirasi yang begitu indah. Baik penulis fiksi maupun non-fiksi, pekerjaan menulis ini memerlukan inspirasi yang tepat agar dapat menghasilkan sesuatu karya yang baik.

Beberapa penulis bahkan menganggap berdiam diri tanpa melakukan apapun adalah sesuatu yang harus dilakukan sebelum memulai pekerjaannya. Tentu saja berdiam diri bukan berarti bermalas-malasan. Namun memikirkan konsep atau isi dari tulisan yang akan dibuat.

Kamu perlu memotivasi diri sendiri agar pekerjaan yang kamu kerjakan senantiasa bisa mencerminkan keahlian kamu yang sebenarnya. Tanpa motivasi yang baik, hasil tulisan kamu akan terlihat kurang bagus, bahkan cenderung membosankan.

Fotografer atau Videografer

Untuk kamu yang memiliki minat dan keahlian dalam dunia visual, menjadi seorang fotografer atau videografer bisa jadi pilihan yang tepat. Kerja freelance di bidang ini termasuk pekerjaan yang banyak digeluti dan diminati. Jadi kamu harus cermat memilih, kalau tidak, kamu bisa terus dikejar-kejar deadline lho!

Sebagai gambaran, seorang videografer yang bekerja mengambil gambar harus tahu detail mengenai peralatannya, teknologi, teknik pengambilan gambar dan editing, serta peka terhadap perkembangan teknologi. Tanggung jawab yang besar bukan?

Musisi

Beberapa dari teman kamu pasti ada yang berprofesi sebagai musisi paruh waktu. Pekerjaan yang biasa dilakukan oleh musisi paruh waktu ini biasanya mengajar musik, latihan musik berjam-jam setiap hari, dan tampil dalam sebuah pementasan musik.

Kerja freelance sepertii ini terbilang menyenangkan bagi mereka yang tahu cara menikmatinya. Tapi jangan khawatir, profesi musisi di Indonesia masih sangat diperlukan lho! Kalau kamu mau kerja dengan jam yang rutin, kamu juga bisa menjadi guru musik yang terampil di sekolah musik atau sekolah umum.

Penerjemah

Sebagai seorang penerjemah, kamu jarang dituntut untuk bekerja fulltime. Yang kamu perlukan adalah ruang dan waktu yang cukup untuk menyelesaikan suatu proyek pekerjaan.

Jika kamu sudah dapatkan waktu dan ruang itu, bekerja dari manapun akan bisa mencapai hasil yang maksimal. Nilai lebihnya, banyak sekali industri yang memerlukan jasa seorang penerjemah, apalagi jika kamu punya keahlian dua atau lebih bahasa asing.

Desainer

Kerja freelance selanjutnya adalah seorang desainer. Menjadi seorang desainer baik desainer grafis maupun desainer fashion adalah pekerjaan yang menuntut passion yang tinggi. Serupa dengan seorang penulis, pekerjaan jenis ini juga memerlukan inspirasi yang cukup tinggi.

Seorang freelancer yang mempunyai fleksibilitas waktu akan cenderung lebih mudah dalam menghasilkan sesuatu yang maksimal, ketimbang mereka yang dituntut bekerja dengan batas waktu yang cukup ketat.

Nah, sudah siap menjalankan passion kamu dan bekerja dengan sistem freelance?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow