Yuk, Kenalan dengan Data Analyst dan Big Data

data-science

Sebagian orang pasti bertanya-tanya apa itu Data Science? Memang banyak yang mendefinisikan dengan berbagai definisi yang intinya sama. Data science adalah penggalian atau juga bisa disebut mengekstrak suatu data agar bisa difilter dan ditemukan data yang benar adanya agar bisa menghasilkan produk data yang sebenarnya.

Belum banyak orang yang tahu bahwa Data Science adalah suatu hal yang bisa dipekerjakan dan jika bekerja di dunia tersebut menghasilkan uang yang cukup. Akan tetapi, agar bisa bekerja di dunia tersebut, Anda harus mempunyai keahlian khusus di bidang pemrograman data dan juga ilmu eksak, seperti matematika dan statistik agar bisa menyaring data dengan cara yang cepat.

Baca juga: Perbedaan Data Engineer dan Data Scientist

Untuk orang yang bekerja mengolah suatu data kerap disebut dengan Data Analyst. Agar bisa menganalisis data dengan baik dan benar melalui cara pemrosesan sinyal, model probabilitas, program komputer dan hal yang berkaitan dengan ilmu Sains.

Pekerjaan baru ini memang tidak begitu dikenal oleh masyarakat luas karena sejauh ini belum ada ilmu khusus yang tersedia bagi orang yang mendalaminya melalui pendidikan formal. Bahkan beberapa Universitas ternama pun tidak memiliki jurusan khusus yang bisa mencetak sosok hebat pengolah data.

Profesi yang Dilakukan Oleh Data Scientist

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, membuat orang di bidang Sains ini semakin merasa bernapas lega karena sudah banyak lowongan kerja yang dikhususkan untuk bidangnya. Data Science adalah pekerjaan yang tidak hanya mengandalkan ilmu Sains saja, akan tetapi ada beberapa ilmu lain lagi yang harus dimiliki oleh seorang pekerja bidang ini.

Yang pertama adalah orang tersebut harus memiliki keahlian mengumpulkan data dengan sistem matematik dan statistik. Mengumpulkan data dari berbagai sumber tidaklah mudah jika tidak dibekali dengan ilmu tersebut. Maka dari itu, keahlian untuk memfilter data harus menguasai atau paling tidak paham dengan ilmu Matematik dan Statistik.

Selanjutnya, seorang yang melakukan pekerjaan tersebut juga harus memiliki keahlian programming, scripting dan domain-specific expertise agar bisa memasukkan data-data yang diperoleh ke dalam komputer.

Untuk memudahkan seorang Data Analyst, tentu mereka harus paham dengan program komputer. Jika tidak mempunyai keahlian programming, bisa dipastikan pekerjaan tersebut akan berakhir buruk atau tidak sempurna.

Keahlian Data Scientist

Seorang Data Science juga harus mempunyai keahlian komunikasi agar bisa menyampaikan data yang diperoleh dengan sistematis dan mudah dipahami oleh banyak orang. Setelah mendapatkan data dan hasil yang dibutuhkan, kamu pun dituntut harus bisa menjelaskan grafik tersebut dengan singkat, padat, dan jelas.

Berbicara tentang Data Science tentu akan berbicara tentang Big Data. Banyak orang yang kurang tahu tentang hal tersebut karena istilah ini baru muncul beberapa tahun belakangan.

Big Data bisa diartikan dengan suatu cara untuk mengambil, menyimpan, menganalisis, data-data yang sebelumnya tidak memungkinkan atau tidak ekonomis untuk diambil, disimpan, diproses, dan dianalisa.

Baca juga: Big Data dan Penjelasannya

Jadi dalam pekerjaan tersebut, dimungkinkan ada data yang error dan tidak bisa diproses dengan hal-hal yang biasa. Lalu dengan cara tersebut, nantinya akan diproses dan menjadikan data itu bisa disimpan dan diatur dengan cara yang sistematis.pekerjaan ini memang tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Jika kamu tertarik terjun ke dunia pekerjaan ini, mulailah mempersiapkan diri dengan membiasakan belajar matematika dan ilmu statistika.

Nah sebagai perkenalan pada Data Science, kamu bisa mengikuti Kuliah S1 Sistem Informasi (konsentrasi Data Science) di ITHB (Institut Teknologi Harapan Bangsa) dengan metode blended learning yang memungkinkan kamu kuliah dengan jadwal fleksibel melalui paltform Pintaria guys.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow