Kamu Merasa Stress? Cek Ciri-cirinya Berikut Ini!

ciri-ciri-depresi-ringan

Kenapa sih kita perlu tahu tentang stress? Apa saja yang perlu kita ketahui dan langkah apa yang bisa diambil ketika kita menemukan ciri-ciri depresi ringan?

Nah, stress sebetulnya adalah hal yang cukup sering kita rasakan dalam hidup. Kita juga harus tahu bahwa dampak stress cukup buruk dan mengganggu kesehatan fisik maupun batin. Yang terjadi, setiap orang akan merasa sulit lepas dari stress dan tidak tahu bagaimana menyegarkan pikiran. Lebih-lebih, kita justru sebenarnya terbiasa dengan keadaan stress dan seakan tidak merasa terganggu.

Untuk itulah kita perlu belajar ciri-ciri depresi ringan. Agar ketika depresi datang kita bisa tahu dan segera mengatasinya.

Baca jua: Daerah Sejuk Baik untuk Kesehatan Psikologi, Ini Penjelasannya!

Jadi Sensitif Terhadap Orang Lain Tanpa Alasan yang Jelas

Pernahkah kau menjawab pertanyaan teman atau saudara kamu dengan kasar? Atau kamu justru menganggap pertanyaan mereka menyebalkan padahal mungkin bagi orang lain biasa saja?

Nah ini tanda-tandanya kamu mulai depresi nih, Pintarian. Cobalah ingat kembali apa yang membuat kamu jadi begitu sensitif? Terkadang, ketika menjawab dengan kasar itu kamu sendiri juga menyadarinya lho!

Kalau sudah begini akan cukup mudah nih untuk diatasi. Yang penting jangan sampai orang sakit hati dengan jawaban kamu ya! Cobalah untuk meminta maaf.

Sulit Fokus dalam Kerjaan

Kalau kamu sering merasa kesulitan dalam bekerja, mungkin karena kamu sulit fokus. Apa sih yang membuat kamu sulit fokus? Bisa jadi stress atau depresi lho! Coba deh ingat kembali kapan terakhir kali kamu merasa kesulitan fokus dalam beraktivitas? Ini ciri-ciri depresi ringan yang paling sering kita temui dalam keseharian.

Baca juga: Tips Menjaga Motivasi di Tempat Kerja

Sulit Tidur Nyenyak

Nah yang satu ini adalah ciri-ciri depresi ringan yang paling umum. Sulit tidur atau selalu tidur subuh, bahkan tidak pernah nyenyak adalah ciri utama. Ketika kamu merasa sulit tidur, itu pertanda bahwa kamu tidak tenang. Tidak tenang karena ada yang dipikirkan atau ada yang mengganggu pikiran sehingga tidak bisa mengendalikan pikiran sendiri.

Kalau sudah begini, kamu bisa coba dengan teliti melihat apa sih yang selalu kamu pikirkan ketika begadang? Apakah urusan di kantor? Atau urusan keluarga?

Apapun masalahnya, rasanya harus diselesaikan dengan baik sampai tuntas agar kamu tidak larut dalam begadang dan akhirnya mengganggu kesehatan fisik kamu lho, Pintarian!

Kehilangan Motivasi dalam Beraktivitas

Setiap orang pasti pernah merasa jenuh. Baik di kantor maupun di rumah. Jenuh bisa datang dari rutinitas yang itu-itu saja. Nah bahayanya, rutinitas ini membuat depresi bisa datang dan tanpa dirasakan. Cobalah untuk selalu terhindar dari kejenuhan dengan menyisipkan kegiatan seru di tengah rutinitas.

Kamu bisa menjalankan hobi, atau beristirahat seperti tidur siang singkat. Ciri-ciri depresi ringan seperti emosional, temperamental dan beberapa yang lain bisa dihindari dengan kebiasaan menyisipkan kegiatan seru begitu lho!

Salah satu kegiatan seru yang sangat berguna bisa dengan mengambil kursus bahasa. Siapa tahu hobi ini jadi obat stress yang mujarab!

Dari semua ciri-ciri depresi ringan yang ada, kira-kira kamu punya berapa nih, Pintarian? Kalau lebih dari 2 apalagi sampai 5, itu tandanya kamu harus mulai berbenah nih. Jangan sampai stress atau depresi mengganggu aktivitas belajar dan bekerja kamu ya!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.