Kuliah Jurusan Sistem Informasi: Belajar Apa Aja Sih?

Jurusan Sistem Informasi
Caption: 123rf

Jurusan Sistem informasi, dalam pengertian yang paling sederhana adalah ilmu gabungan antara beberapa bidang ilmu seperti Ilmu Komputer, Ilmu Komunikasi, Ilmu Manajemen, dan tentu saja Ilmu Bisnis. Selama di perkuliahan, kamu yang mengambil program kuliah kelas karyawan di bidang Sistem Informasi (SI) akan dibekali dengan materi-materi yang berkaitan dengan bidang itu. 

Kompetensi di bidang komputer juga harus disiapkan. Kuliah jurusan Sistem Informasi, kamu akan mempelajari ilmu pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software dll. Kemudian, pengetahuan mengenai ilmu bisnis akan dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis umum seperti Administrasi, Akuntansi, sampai pemasaran.

Maklum, perkembangan teknologi informasi di Indonesia sangat pesat dan membuka banyak sekali lapangan kerja. Profesi yang tersedia ada banyak, misalnya application developer, data analyst, engineer, graphic designer, network security, web developer, dan lain-lain.

Output kerja berupa hasil kolaborasi banyak jenis profesi

Hasil kerja bidang Sistem Informasi merupakan hasil karya kolaborasi banyak profesi lho! Nah, kamu harus tahu setidaknya sedikit ilmu dari semua profesi yang terlibat dalam kerja-kerja itu. Hasil kerja kamu nanti merupakan satu kesatuan data hasil olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi.

Dalam bidang Sistem Informasi ini, diperlukan adanya klasifikasi alur informasi yang baik. Dengan sendirinya, karakteristik yang diperlukan adalah fleksibel, efektif, dan efisien.

Baca juga: Bedanya Jurusan Sistem Informasi Dan Sistem Komputer

Jurusan Sistem Informasi punya saluran bidang profesi yang sangat luas

Kalau kamu agak ragu atau bingung tentang lapangan kerja, kamu bisa cek deh beberapa perusahaan yang sedang berkembang sekarang. Umumnya, perusahaan baru berkembang akan membutuhkan banyak jasa IT dan ahli Sistem Informasi lho!

Coba deh liat beberapa startup e-commerce atau Fintech yang sedang berkembang. Coba lihat berapa banyak profesi Sistem Informasi di dalam perusahaannya?

Mata kuliah yang sangat bervariasi bikin kamu bisa belajar banyak hal

Di tengah kesibukan menguasai teknologi yang maju, kamu bisa juga belajar hal lain seperti Manajemen, Perencanaan kerja, Matematika, sampai Bahasa Pemrograman tentunya. Hal ini akan membuat kamu punya banyak perspektif lain dalam memandang masalah yang kamu hadapi di dunia kerja nantinya.

Baca juga: Jurusan IT, Ini 5 Prospek Kerja Di Masa Depan

Prospek kerja yang luas dan tak terduga

Buat kamu yang serius menjalankan bidang ini, kamu akan punya banyak sekali pilihan lho! Pesatya perkembangan teknologi akan membuat semua bisnis beralih dari sistem konvensional ke sistem digital modern yang memanfaatkan teknologi.

Komputerisasi bisnis ini akan memberikan jenjang karier yang baik untuk lulusan jurusan Sistem Informasi. Kamu bisa jadi analis, admin database, juga manager project. 

Tertarik dengan jurusan Sistem informasi? Kamu bisa kuliah SI di kampus-kampus ternama dengan jadwal fleksibel lho! Kini, Pintaria hadir untuk memenuhi kebutuhan kamu yang sibuk bekerja namun ingin tetap kuliah dan meraih gelar sarjana dengan metode kuliah blended learning. Jadwal kuliahnya fleksibel dari gadget, biayanya sangat terjangkau.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.