Jurusan Komunikasi? 3 Hal Ini Wajib Dipahami

Jurusan komunikasi

Jurusan komunikasi pasti sudah sering kamu dengar ya, Pintarian. Ketika lulus sekolah, salah satu pilihan paling populer dan favorit adalah jurusan Komunikasi. Meskipun kamu tak bersentuhan langsung, jurusan Komunikasi pasti pernah kamu temui dalam hidup. Saking banyaknya, pasti ada saja teman atau kenalan kita yang sedang atau sudah lulus kuliah jurusan ini. Tapi tidak banyak lho yang tahu benar bahwa jurusan ini tidak selalu menjanjikan karier yang gemilang. Kamu perlu pintar memilih dan menentukan di kampus mana kamu akan kuliah. Tidak semua kampus punya program studi yang baik. Lebih jauh lagi, tidak semua kampus bisa menetapkan biaya kuliah yang ringan dan terjangkau.

Berikut ini 5 hal di Jurusan Komunikasi yang harus jadi pertimbangan kamu

Yang dipelajari cukup banyak bukan hanya ilmu Komunikasi dasar

Kalau kamu sudah terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Komunikasi, kamu akan menyadari bahwa yang dipelajari di perkuliahan bukan hanya ilmu Komunikasi dasar. Kamu juga akan belajar ilmu Politik dasar, ilmu Sosiologi, Sejarah, dan lain-lain. Di awal perkuliahan basanya materi yang disampaikan adalah materi dasar yang merupakan pemahaman wajib bagi setiap orang yang berniat membangun karier di bidang komunikasi.

Pada tahap lanjutan, kamu akan mulai diberikan pilihan atau konsentrasi studi. Kamu bisa pilih antara konsentrasi Jurnalistik, Public Relations (PR), sampai Manajemen media. Konsentrasi studi ini berbeda-beda lho, bergantung pada kampus penyelenggara studi.

Baca juga: Kuliah Marketing Komunikasi, Ini Yang Akan Kamu Pelajari

Kesempatan berkarier yang besar

Karena yang dipelajari adalah begitu banyak cabang ilmu pendidikan, otomatis ruang lingkup yang terbuka untuk karier kamu juga besar. Kamu akan punya begitu banyak pilihan karier mulai dari jurnalis, dosen, PR, Marketing, semua membutuhkan jasa seorang sarjana Ilmu Komunikasi. Di era digital, peran seorang sarjana komunikasi kian vital juga lho! Setiap perusahaan baik startup maupun perusahaan besar yang sudah beroperasi bertahun-tahun akan kesulitan jia kehilangan jasa seorang PR dan Manager Marketing.

Selain di perusahaan swasta atau BUMN, seorang lulusan Ilmu Komunikasi bisa juga mengembangkan sayap berkarier di dunia Broadcasting (Penyiaran). Mulai dari menjadi pembaca berita, kru film, tim kreatif, account executive, bahkan kamu bisa menjadi aktor jika memang punya minat yang begitu besar. 

Baca juga: Pentingnya Skill Komunikasi Yang Efektif Di Lingkungan Kerja

Jurusan Komunikasi di kampus terbaik dengan metode kuliah online modern

Klu sudah mantap untuk mengambil kuliah jurusan Komunikasi, kamu hanya perlu menentukan kampus mana yang ingin kamu pilih. Setelah memilah kampus-kampus yang baik, kamu harus memikirkan etode kuliah dengan serius ya! Jika kamu sudah bekerja dengan jadwal yang pasti, kamu kemungkinan tidak bisa kuliah dengan cara konvensional. Kamu akan kesulitan membagi waktu kerja dan kuliah di siang hari. Salah satu solusi terbaik adalah dengan ikut kelas karyawan yang biasanya diselenggarakan di malam hari.

Nah apa iya kuliah kelas karyawan yang selama ini kamu kenal itu benar-benar efektif? Agak meragukan ya mengingat tenaga yang dipakai untuk kuliah adalah tenaga-tenaga sisa dari kelelahan bekerja sepanjang siang. Untuk itulah Pintaria hadir. Dengan penawaran jurusan S2 Komunikasi di Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) kamu bisa kuliah jurusan Komunikasi dengan biaya yang terjangkau. Hebatnya, kamu kuliah lewat gadget aja lho! Semua berkat metode kuliah online modern yang disebut metode blended learning. Yuk daftar! Tunggu apa lagi?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
15.4k Followers
Follow