Kuliah Jurusan Komunikasi itu Belajar Apa Aja Sih?

Jurusan Komunikasi
Source: 123rf

Jurusan Komunikasi yang cukup populer di antara masyarakat kita umumnya mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan proses penyampaian pesan atau berita yang bertujuan untuk menghasilkan tujuan tertentu.

Oleh karena itu, jurusan Komunikasi merangkum begitu banyak hal yang diperlukan untuk tercapainya tujuan tersebut dari strategi penyampaian pesan, bahasa yang digunakan, linguistik, bahasa iklan dan hal-hal lainnya.

Dari waktu ke waktu, Ilmu Komunikasi juga melibatkan perkembangan teknologi terkini dalam prosesnya. Yang paling sering terlihat dulu adalah media massa berupa surat kabar, radio, sampai televisi. Akan tetapi, di zaman modern, internet mengambil alih peran media massa lainnya dan mendominasi proses komunikasi itu sendiri. 

Berikut ini beberapa hal dan aspek yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengambil kuliah jurusan Komunikasi.

Jurusan Komunikasi mempelajari begitu banyak hal di luar komunikasi semata

Tentu saja pertanyaan awal muncul ketika kamu mau kuliah Komunikasi. Pertanyaan itu misalnya apa sih profesi yang akan digeluti nantinya? Lebih jauh, kamu mungkin akan bertanya-tanya apa saja yang dipelajari dari proses berkomunikasi ya?

Nah, rupanya di jurusan Komunikasi kamu akan belajar begitu banyak hal dari teknis hingga non-teknis. Kamu akan mendapatkan materi periklanan, materi bahasa, linguistik, penerjemahan dan hal-hal seperti bagaimana menjalankan bisnis, komunikasi bisnis, dan hal-hal menarik lainnya.

Baca juga: Jurusan Komunikasi? 3 Hal Ini Wajib Dipahami

Kuliah di jurusan ini akan memberi begitu banyak kebebasan

Apa sih maksudnya kebebasan di sini? Pertama-tama, kebebasan untuk belajar apa saja yang kamu mau. Karena Ilmu Komunikasi telah berkembang selama ribuan tahun, bahkan lebih, tentu ilmu ini mengandung begitu banyak elemen dan aspek. Nah kamu bisa belajar Filsafat, Sejarah, Agama, Komunikasi Massa, dan hal-lainnya. Menarik bukan?

Tugas yang kamu dapatkan merupakan tugas-tugas yang seru

Serunya kuliah di jurusan komunikasi adalah kamu akan mendapatkan tugas-tugas yang seru seperti membuat film pendek (terutama jurusan broadcast), membuat iklan sederhana, membuat paper sejarah dan filsafat komunikasi dan hal-hal seru lainnya.

Baca juga: Pentingnya Skill Komunikasi Yang Efektif Di Lingkungan Kerja

Profesi yang bisa kamu jalani nantinya sangat bervariasi

Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran, adalah salah satu prospek kerja yang paling umum dari dunia Ilmu Komunikasi. Selain itu, kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitar, serta kemampuan menyampaikan dan memilah mana berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan adalah modal penting untuk menjadi seorang Jurnalis hebat.

Nah, setelah memahami sedikit seluk beluk dunia Komunikasi, yuk pertimbangkan untuk kuliah di jurusan ini! Siapa tahu kamu punya potensi besar untuk berkarier di bidang ini. Kalau kamu sudah punya gelar Sarjana, coba aja ikutan kuliah S2 Komunikasi di UMJ. Bersama Pintaria, kamu bisa kuliah jurusan komunikasi S2 UMJ dengan metode kuliah blended learning yang menggabungkan kuliah online dengan kuliah tatap muka lho!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.