5 Hal Penting Soal Kartu Indonesia Pintar untuk Mahasiswa

5 Hal Penting KIP Kuliah

Pintarian pernah dengar soal Kartu Indonesia Pintar untuk Mahasiswa (KIP Kuliah)? Setelah beberapa bulan terakhir pemerintah menggodok program terbaru yang disebut KIP Kuliah, kini masyarakat semakin antusias menyambut diresmikannya lho! Yuk jangan sampai kamu ketinggalan informasi soal KIP Kuliah!

Disiapkan untuk 400 Ribu Calon Mahasiswa

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir menyatakan program KIP Kuliah akan menyasar mahasiswa berprestasi yang kurang mampu membayar biaya kuliah. Nantinya, kuota akan disediakan untuk 400 ribu orang.

Komitmen pemerintah ini ditegaskan berulang kali untuk meyakinkan masyarakat bahwa program ini akan menjamin keberlangsungan pendidikan tinggi yang senantiasa menjadi beban bagi para lulusan sekolah menengah dalam melanjutkan pendidikan. Menarik kan Kartu Indonesia Pintar untuk Mahasiswa ini?

Merupakan Perluasan dari Program Bidik Misi

Kabar baik lainnya, sebagai kelanjutan dan perluasan program Bidik Misi, beasiswa untuk mahasiswa dengan prestasi akademik akan dihapus. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), akan digantikan oleh KIP Kuliah. Jika tahun depan jumlah penerimanya 400 ribu calon mahasiswa, target tahun 2024 setidaknya sudah mencapai jumlah 2 juta calon penerima lho!

Baca juga: KIP Kuliah: Kartu Indonesia Pintar Untuk Mahasiswa

Sekaligus Mencetak Pengajar

Menurut bapak Menteri, jumlah tenaga pengajar untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan pendidikan vokasi juga perlu ditambah. Hal tersebut dilakukan seiring bertambahnya kuota siswa-siswi yang menempuh pendidikan SMK dan pendidikan vokasi.

Skill guru dan dosen juga jadi prioritas lho, Pintarian! Mengacu kepada Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan Dosen, syarat menjadi dosen harus menempuh jenjang pendidikan minimal Strata 2. Ini adalah kabar baik dari dunia pendidikan dalam 20 tahun terakhir.

Syarat Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk Mahasiswa Mudah Didapat Tapi Tetap Selektif

KIP Kuliah ini juga bisa didapatkan dengan mudah. Akan tetapi, persyaratan tentu tetap ada. Kamu harus diterima dulu di universitas. Jika kamu sudah punya status diterima sebagai calon mahasiswa baru, kamu akan bisa mendaftar sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk mahasiswa.

Nantinya, kamu bisa membayar uang kuliah dengan kartu ini lho! Dengan kata lain, kuliah kamu dibiayai oleh pemerintah. Lumayan kan untuk persiapan memasuki dunia kerja nanti.

Baca juga: Apa Itu Kartu Pra Kerja?

Pintaria Siap Membantu Persiapan Pengajuan KIP Kuliah

Saat ini sudah banyak lho lembaga yang memberikan kursus sebagai persiapan kuliah. Kamu bisa cek sendiri di Pintaria. Berbagai program kursus yang kamu temui nantinya akan sangat membantu kamu sebelum mendapatkan Kartu ini. Intinya, tak ada lagi halangan untuk meningkatkan skill dan kemampuan. Sambil mempersiapkan diri, yuk ikutan kursus-kursus seru dan penting!

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
15.4k Followers
Follow