5 Fakta Kartu Pra Kerja Buat Pengangguran, Cek Poin Ke-2

kartu-pra-kerja

Buat kamu yang belum tahu apa itu Kartu Pra Kerja, kartu ini merupakan salah satu janji presiden terpilih Joko Widodo ketika berkampanye kemarin lho! Janji itu benar-benar ditepati dengan adanya inisiatif keren dari pemerintah dalam mewujudkan program Kartu Pra Kerja. Akan tetapi informasi seputar itu telah simpang siur di masyarakat. Ada yang bertanya apakah benar pengangguran akan digaji oleh pemerintah? Yuk simak lima fakta berikut ini.

Kartu Pra Kerja untuk Pencari Kerja, Lulusan SMA/SMK, dan Korban PHK

Tujuan dirancangnya program kartu ini adalah untuk tiga kelompok besar yaitu lulusan sekolah menengah, para pencari kerja dan korban PHK. Mereka yang ada dalam tiga kelompok ini adalah mereka yang menjadi tujuan program kartu ini. Jadi, jangan harap kamu bisa sengaja menjadi pengangguran lho, Pintarian! Kamu akan diteliti dulu sebelum bisa mengajukan kartu ini.

Baca juga:
Apa itu Kartu Pra Kerja?
Khawatir di PHK? Ini Dia Tips Menghindari PHK yang Bisa Dilakukan

Dapat Insentif Serta Tunjangan

Eits, jangan senang dulu lho! Kamu memang direncanakan dapat insentif. Akan tetapi hal itu bukan untuk permanen. Pertama, kamu akan mendapatkan pelatihan dulu. Pemegang ini nantinya akan diberikan suntikan dana dan tunjangan bulanan yang besarannya belum ditentukan. Tapi kamu gak benar-benar berencana untuk jadi pengangguran demi dapat dana tunjangan ini kan?

Jangka Waktunya 6-12 Bulan

Ketika kamu mengikuti program ini, kamu harus meluangkan waktu 6 hingga 12 bulan untuk mencari kerja. Nah, dalam durasi waktu inilah kamu bisa menggunakan uang tunjangan yang diberikan secara khusus agar kamu tetap bisa fokus mencari pekerjaan. Tapi harus diingat bahwa tunjangan ini memang hanya diberikan maksimal 12 bulan setelah kamu lulus pelatihan. Jadi, jangan harap bisa permanen dan jadi pengangguran saja ya.

Baca juga: 3 Kelompok Penerima Kartu Pra Kerja

Masih dalam Tahap Kajian

Perlu diingat juga bahwa Kartu Pra Kerja ini masih dalam tahap kajian lho! Belum final. Rencananya, dana yang dipakai adalah dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020. Jadi kita berharap saja pemerintah benar-benar menggodok rancangan program ini dengan maksimal sehingga manfaatnya bisa benar-benar dirasakan masyarakat ya, Pintarian!

Sambil Menunggu Kartu Bisa Ikutan Kursus

Sementara kartu itu belum dirilis oleh pemerintah, kamu bisa ikutan banyak pelatihan yang ditawarkan oleh Pintaria lho! Cek langsung ya. Mulai dari kursus Data Science, Digital Marketing, hingga bidang-bidang lain yang sangat berguna untuk memasuki dunia kerja nantinya.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow