Ternyata Ada Etika Berkomunikasi dalam Grup Whatsapp Lho!

etika-komunikasi

Banyaknya grup chat yang sekarang semakin mudah dan terjangkau membuat kita perlu etika khusus agar hubungan pertemanan tetap baik. Di dunia nyata maupun di dunia maya, sebenarnya prinsip etika komunikasi berlaku. Akan tetapi untuk dunia maya, ada etika khusus yang pengaruhnya luas.

Melanggar etika ini akan beresiko merusak hubungan pertemanan bahkan sampai membuat kamu ‘dimusuhi’ oleh teman-teman baik. Dari sekian banyak aplikasi chat yang ada di ekosistem digital kita, Whatsapp jadi salah satu favorit.

Buktinya, coba ingat-ingat berapa kelompok pertemanan kamu yang terhubung di grup Whatsapp? Banyak sekali bukan? Maka etika komunikasi mutlak diperlukan.

Meski sudah berjalan beberapa tahun, masih banyak pengguna Whatsapp yang belum paham dan belum menerapkan etika komunikasi yang sesuai. Jika kamu sering melanggar, bukan tidak mungkin kamu akan dibenci oleh teman-teman satu grup.

Apa saja sih etika komunikasi dalam grup Whatsapp yang perlu diperhatikan?

Hati-hati Ngobrol dengan Satu Orang Saja dalam Grup

Tujuan awal grup Whatsapp adalah memudahkan komunikasi yang melibatkan lebih dari satu orang. Oleh karena itu, grup akan tidak nyaman bila kamu hanya ngobrol dengan satu orang saja. Cara menghindarinya sih  mudah saja, kamu cukup chat pribadi dengan satu orang yang kamu perlukan.

Chat dengan hanya satu orang juga beresiko membuat teman-teman lain tidak nyaman karena tidak kontekstual. Bisa jadi mereka juga tidak nyaman membaca materi-materi yang sensitif. Jadi cobalah membuat materi chat lebih luas dan bisa ditanggapi teman-teman satu grup.

Hati-hati dalam Invite Orang ke Dalam Grup

Ketika grup dibuat, biasanya mereka yang diundang dalam grup mempunyai satu kesamaan. Persamaan itu bisa jadi latar belakang pendidikan, teman satu kantor, atau bahkan satu hobi. Nah ketika kamu mengundang orang yang tidak tepat, maka satu grup akan merasa tidak nyaman.

Bagi orang yang kamu invite sendiri juga akan tidak nyaman karena tergabung di grup yang tak ia kenal. Bisa jadi bahkan jauh dari kesehariannya dan ia tidak ‘nyambung’ dalam chat di grup kamu. Lalu kemudian akan serba salah deh.

Hindari Hoax!

Ini etika yang sangat penting. Prinsipnya, jangan pernah share sesuatu yang kamu sendiri belum tahu keaslian dan nilai faktanya. Hal ini beresiko membuat kamu tidak akan dipercaya untuk seterusnya dan dianggap penyebar hoax.

Di zaman ini, beberapa penyebar hoax bahkan bisa tersangkut masalah hukum dengan tuntutan penjara lho!

Inilah tiga etika utama. sulitnya bidang komunikasi bahkan sampai ada kuliah S2 komunikasi lho! Ingat-ingat ya sebelum kamu menyesali karena membuat satu grup Whatsapp tidak nyaman.

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
profile pic url
14.9k Followers
Follow