Negosiasi Gaji? Begini Cara Mudah Nego Gaji yang Tepat!

Cara Nego Gaji

Negosiasi gaji merupakan hal yang sangat krusial dalam setiap wawancara kerja baru. Tawar-menawar harga bukanlah hal tabu yang tidak boleh dibicarakan di depan. Akan tetapi banyak dari kita yang malu-malu ketika ditanya mau gaji berapa?

Nah apapun profesi yang ingin digeluti, negosiasi gaji memang memerlukan semacam keahlian khusus supaya kamu bisa mendapatkan gaji yang kamu harapkan. Ingat lho, gaji yang sesuai dengan pekerjaan dan pengalaman kita akan menjadi salah satu motivasi penting selama bekerja di perusahaan!

Karena kamu akan bekerja di perusahaan tersebut untuk jangka waktu tertentu misalnya 6 bulan atau 1 tahun, maka kamu harus memperhitungkan berapa banyak waktu yang kamu sediakan untuk perusahaan tersebut.

Selain waktu, tentunya kamu harus memberikan penghargaan yang cukup untuk tenaga yang kamu keluarkan untuk kemajuan perusahaan. Meskipun tidak sederhana, kamu tetap harus memperhitungkannya dalam bentuk angka nominal untuk bahan negosiasi gaji kamu.

Berikut ini tips singkat cara nego gaji yang cukup efektif untuk dicoba:

Hitung Semua Pengeluaran Sampai Detil

Ketika bekerja di perusahaan tersebut, kamu akan butuh ongkos untuk berangkat, makan yang cukup, dan keperluan lain seperti membayar listrik bulanan, uang kost atau rumah, dan lain-lain. Perhitungkan baik-baik berapa pengeluaran bulanan kamu dan cobalah untuk tetap menabung dengan konsisten.

Pastikan tabungan kamu bisa terus dipenuhi meski sedikit tapi setiap bulan dari hasil gaji harus ada yang bisa ditabung.

Hitung Pengalaman Kerja Kamu di Kantor Lama

Menghitung harga kerja kamu harus juga memperhatikan elemen pengalaman yang perlu kamu jadikan pertimbangan khusus. Pengalaman kerja adalah nilai lebih dari jasa pekerjaan kamu untuk sebuah perusahaan.

Pengalaman kerja berarti kamu sudah pernah menghadapi permasalahan dan pernah berusaha menyelesaikan masalah yang ada. Semakin banyak pengalaman kerja kamu, nilai kerja kamu di tempat baru akan semakin tinggi.

Pastikan Kebutuhan Dasar Kamu Terpenuhi

Kebutuhan dasar yang tidak bisa ditoleransi harus terpenuhi dulu, baru memikirkan yang lain. Cara negosiasi ini sangat logis sehingga apapun yang dikatakan oleh pihak perusahaan, kamu bisa punya alasan yang tepat dan tidak terkesan “serakah”.

Kalau kebutuhan dasar ini tidak bisa terpenuhi dengan gaji yang ditawarkan, wah sebaiknya kamu segera pertimbangkan untuk cari perusahaan lain atau bikin usaha sendiri deh, Pintarian.

Atur Keuangan dengan Sesederhana Mungkin

Untuk yang satu ini, kamu perlu strategi khusus. Mengatur keuangan dengan sederhana bukanlah sebuah perkara mudah. Kamu harus membuat perencanaan seminimalis mungkin namun dengan penjelasan yang semudah mungkin untuk dimengerti.

Tujuan dari membuat perencanaan ini adalah agar segala pengeluaran kamu tercatat dan kamu tidak lupa ke mana saja uang gaji kamu hilang.

Dengan dasar itu, kamu bisa punya kepercayaan diri untuk menego gaji yang pantas untuk bidang pekerjaan dan jabatan kamu di perusahaan tersebut. Dengan mengatur keuangan ini, kamu juga akan merasakan manfaat jangka panjang seperti tabungan, cicilan rumah, bahkan tabungan pensiun.

Nah pintarian, sudah siap untuk nego gaji di perusahaan yang sedang kamu lamar?

Related posts

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.